Tuesday, December 1, 2009

Jerman Biangnya Miniatur Kereta


Jika berjalan-jalan ke Jerman kita bisa menyaksikan miniatur kereta api terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 12 kilometer dan dilengkapi dengan pemandangan dan gedung-gedung.

Miniatur tersebut ada dalam museum Miniatur Wunderland yang dibuat oleh dua saudara kembar Frederick dan Gerrit Braun. Mereka membuat museum tersebut karena sangat menyukai miniatur kota. Bukan saja miniatur rel kereta yang ada di dalamnya tetapi juga ada pabrik, jalan raya- gedung dan jembatan, dan terlihat seperti kota mini.

Museum Miniatur Wunderland dibuka sejak tahun 2001 lalu dan telah
dikunjungi 1 juta wisatawan hingga akhir tahun 2008. Museum ini terdiri dari tiga lantai dan terletak di sebuah gedung tua di kota Hamburg, Jerman Utara. Miniatur Wunderland berisi replika negara-negara Skandinavia, yaitu Jerman, Swiss, dan Austria.

Dalam sebuah bagian museum, terdapat boneka polisi yang sedang bergerak menyelamatkan korban perampokan di sungai. Ada juga miniatur hiu dalam air yang sedang bergerak menyerang penyelam dan sedang diselamatkan penjaga pantai. Kita akan seperti melihat adegan penyelamatan dalam sebuah film tetapi berbentuk mini.
Rencananya tahun depan, Frederick dan Gerrit Braun juga akan membuat miniatur kota di Italia, Prancis, Afrika atau mungkin India.

Marklin dan Fleischmann

Jerman memang negara yang kadung identik dengan miniatur kereta. Salah satunya karena popularitas dua produk miniatur kereta asal negeri itu, Marklin dan Fleischmann. Märklin adalah sebuah merek yang sangat terkenal dan kuat di dunia. Pada 2009, perusahaan ini sudah menjejak ke tahun ke-150.

Seperti halnya Marklin, Fleischmann juga memiliki sejarah panjang. Didirikan di Nuremberg pada tahun 1887 oleh Jean Fleischmann, model pertama dari miniatur kereta dibuat dalam O skala dan diproduksi pada tahun 1949. Sementara produk untuk skala H0 pertama diperkenalkan pada tahun 1952 dan skala N "Piccolo" dibuat pada tahun 1969.

Saat ini, Fleischmann adalah merek mapan dalam industri miniatur kereta api Jerman, dan merupakan rival terberat Märklin dalam merebut pangsa pasar. Kelebihan Fleischmann adalah mereka fokus dan hampir secara eksklusif menguasi pasar terutama di Eropa tengah. Sebagian besar produk skala H0 Fleischmann dibuat untuk dua-rel sistem arus searah.

Sejak kehadirannya, Fleischmann telah terus merilis banyak produk-produk luar biasa lengkap dengan teknologi terbaru, terutama di era digital yang semakin memudahkan controller pengguna. Pada bulan Februari 2008 Fleischmann diambil alih oleh Modelleisenbahn GmbH yang juga memiliki Roco, produsen mainan sejenis. Kedua perusahaan terus menjadi merek terpisah di bawah Modelleisenbahn GmbH, namun akuisisi itu meningkatkan skala ekonomi perusahaan melalui pengembangan produk, pemasaran dan procurement. *Uday

No comments: