Monday, December 28, 2009

China Serbu Pasar Otomotif Eropa


China punya ambisi ingin menguasai dunia, tak hanya melalui cabang olahraga dan barang-barang elektronik. Senjata lainnya, Negeri Tirai Bambu itu akan menyerbu pasar otomotif Eropa dan langkah itu sudah dipersiapkan salah satu produsen mobil terbesarnya, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC).

SAIC tidak bekerja sendiri. Untuk memuluskan ambisinya, mereka menggandeng General Motors dan Volkswagen. Rencananya, akhir 2010 mendatang propduksi dimulai dengan model sedan MG6 di pabrik lawas bekas M Rover di Longbridge, Inggris yang sudah diakuisisi. Hasil produksi tersebut akan menyasar ke pasar Eropa awal 2011.

Produk tersebut banyak mengaplikasikan komponen yang digunakan pada sedan menengah (mid-size) Roewe 550 yang sebelumnya protipe dipamerkan dalam ajang Shanghai Auto Show 2009 di awal tahun. Bahkan bentuk final dari Roewe 550 ini sudah ditampilkan Senin (23/11) dalam pameran Guangzhou Auto Show 2009.

Jadi, MG6 hadir dalam model hatchback dan dikembangkan secara intensif di Inggris Raya. Selain memasok pasar Eropa, produk ini juga akan diproduksi dan dipasarkan di tanah kelahiran, China, seperti dikutip insideline.com.

Cikal bakal mobil ini terkuak dari unit pamer yang ada, terdapat versi update dengan emblem baru MG, merupakan kolaborasi dari nama original Morris Garages. Tapi, hingga kini pabrikan belum ada rencana untuk ekspansi ke pasar AS.

No comments: