Thursday, December 10, 2009
Grup Astra Justru Melejit
Sepanjang 2009, krisis ekonomi global memang langsung memangkas permintaan mobil. Meski pasar otomotif diperkirakan tergerus hingga 30% dari tahun sebelumnya, namun kinerja Grup Astra disektor ini sesungguhnya tidak terlalu jeblok. Grup Astra yang diwakili merek-merek terkemuka seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, Nissan Diesel dan Peugeot, ternyata mencatat penurunan yang lebih kecil dibandingkan pasar domestik, yaitu 18% atau menjual sekitar 41.000 unit dibandingkan periode yang sama pada 2008.
Namun dibalik penurunan itu, Astra yang didukung oleh penjualan dua mobil primadona, Toyota Avanza, Kijang Inova dan Daihatsu Xenia, berhasil memperluas pangsa pasar menjadi 57%, meningkat 5% dibandingkan periode yang sama dari tahun sebelumnya.
Di kuartal ketiga, Astra meluncurkan beberapa model baru dan facelift, termasuk diantaranya Toyota Camry, Fortuner 2.5G Diesel A/T, Kijang Innova J, new Rush G, new Rush S dan Daihatsu Sirion M. Sementara memasuki November 2009, Astra kembali menggebrak dengan meluncurkan varian matik untuk peminat Avanza dan Xenia. Ini adalah gebrakan yang terbilang fenomenal karena selama ini, varian matik hanya diadopsi oleh mobil-mobil di kelas menengah.
Dengan berbagai terbosan tersebut, serta semakin menurunnya tingkat suku bunga, Astra berharap penjualan mobil mereka sebanyak 540.000 unit dapat tercapai pada 2010.
Fenomena Yaris
Yang menarik, kehadiran Toyota Yaris semakin memperkuat posisinya sebagai mobil pilihan anak muda. Pada November 2009, Yaris berhasil mencetak peningkatan penjualan sebesar 30,1 persen. Kehadiran New Yaris terbukti mampu mengangkat Toyota di segmen hatchback yang terkenal ketat persaingannya.
Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 2006, penjualan ritel Yaris di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. "Ini semakin menunjukkan Yaris sebagai Indonesian Car of The Year 2009," kata Presiden Direktur Toyota Astra Motor Johnny Darmawan di Jakarta, Senin 7 Desember 2009.
Pada 2006, penjualan ritel Yaris sebanyak 9.089 unit, kemudian pada 2007 meningkat menjadi 9.659 unit, dan pada 2008 meningkat kembali menjadi 13.132 unit. Sedangkan pada 2009, pada November, Yaris kembali mencetak penjualan 1.180 unit. Penjualan ini merupakan tertinggi sepanjang 2009. Bahkan melampaui jumlah penjualan pada yang sama tahun sebelumnya.
Sebelumnya TAM hanya mematok penjualan Yaris bisa mencapai 500-800 per bulan menyusul keluarnya varian terbaru Yaris facelift . Presdir PT Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan bahkan hanya menargetkan kenaikan market share dari 23 persen ke 25 persen. Atau seperti tahun 2007 yang mencapai 29 persen, ujarnya. Target ini tampaknya mulau mendekati penjualan bulanan pesaing terdekat Yaris, yakni Honda Jazz yang rata-rata terjual 1.500 - 2.000 unit per bulan.
Sepanjang 2009, Yaris juga berhasil mendapatkan beberapa penghargaan seperti Indonesian Car Of The Year 2009 dari Majalah Mobil Motor, dan brand choice by Community tahun 2009 dari majalah SWA .
Berbagai perubahan di sisi interior dan eksterior, tampaknya cukup mendulang tingginya minat kaum muda yang memang dikenal energik, stylish, dan groovy sesuai target market Yaris.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment