Tuesday, December 8, 2009

Pasar Hatchback Tetap Memikat


Seperti sudah diduga, pasar mobil sepanjang 2009 tertekan oleh lemahnya permintaan. Untuk meningkatkan penjualan, sejumlah ATPM tetap meluncurkan produk baru termasuk di segmen hatchback. Selain untuk mempertahankan pangsa pasar, langkah ini mereka lakukan untuk mengantisipasi kembali pulihnya pasar otomotif pada tahun depan.

Pada 25 November lalu, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) punya gawean penting. Setelah ditunggu cukup lama, vendor asal Jepang itu resmi meluncurkan New Mazda2.
Mobil yang diposisikan sebagai city car ini, dibekali mesin berkapasitas 1.5 liter 4-silinder, DOHC 16-valve yang memproduksi tenaga 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi 137 Nm pada 4.000 rpm. Mazda2 diklaim mengonsumsi bahan bakar luar kota 17,8 km/liter, dalam kota 11,23 km/liter dan kombinasi 14,7 km/liter.

Lalu, pasar mobil apa saja yang akan terganggu dengan kehadiran Mazda2? Tentu saja Toyota Yaris, Suzuki Swift, Nissan Livina, dan sang jawara Honda Jazz.

Pihak Mazda menyatakan siap menggoyang pasar hatchback di Indonesia. Mazda2 memiliki desain yang lebih modern, berkualitas tinggi, bermesin tangguh dan hemat bahan bakar akan menjadi pihan baru buat penggemar city car di tanah air.

Seperti diutarakan Masaharu Yamaki, Executive Vice President Mazda Motor Corporation, MMI memang belum menentukan berapa unit Mazda2 yang akan diekspor ke berbagai negara termasuk Indonesia, namun pihaknya yakin permintaan akan bagus karena Mazda2 memiliki desain stylish, berkualitas tinggi, safety dan semangat Zoom-Zoom, ujarnya. Horigome mengakui Honda Jazz dan Yaris akan sulit ditaklukan. Namun Horigome optimis Mazda2 akan mendapat sambutan positif dari konsumen Indonesia terutama kalangan anak muda.

Horigome juga menambahkan, reaksi dari konsumen Mazda menyatakan rata-rata dari mereka yakin bahwa the New Mazda2 menawarkan nilai yang seimbang antara desain yang stylish, kualitas, ditambah dengan harga yang bersaing.

Dan tampaknya optimisme Horigome bukan sekedar mimpi di siang bolong. Dari periode 26-29 November 2009, MMI berhasil menjual 200 unit Mazda2 dari target penjualan yang dicanangkannya sebanyak 300 unit per bulan. "Pelanggan telah menunjukkan minat yang tinggi terhadap Mazda2 yang stylish. Ini adalah bentuk antusiasme positif konsumen atas penampilan perdana Mazda2 yang merupakan jawara World Car of the Year 2009," ujar Horigome.

Hyundai i20
Ditengah melemahnya permintaan, pasar sedan jenis pantat tepos (hatchback) memang tetap menggiurkan. Sebelum Mazda 2 hadir, Hyundai Mobil Indonesia (HMI) juga sudah menurunkan andalannya, Hyundai i20 di segmen ini. Varian hatchback terbaru Hyundai i20, di bulan Oktober menggeser saudaranya Hyundai Avega dalam penjualan terbanyak bagi PT Hyundai Mobil Indonesia.

"Oktober lalu, i20 telah terjual sebanyak 150 unit, itu merupakan terbanyak diantara produk-produk Hyundai lainnya," ungkap Vice Presiden HMI, Erwin Djajadiputra. Pada periode itu , Hyundai menjual Avega sebanyak 120 unit. disusul varian city car mereka yaitu i10 dengan catatan penjualan sebanyak 60 unit.

Sebelumnya berdasarkan data yang dilansir Gaikindo, penjualan Hyundai Avega selalu mendominasi dari awal tahun 2009 hingga bulan September 2009 lalu. Namun Avega kini mulai tergeser oleh i20. "Terus terang, kita cukup senang, karena ternyata i20 responnya bagus dari masyarakat," ungkap Erwin.

Sejauh ini, Hyundai sudah berhasil mengirimkan sebanyak 600 unit i20, yang diharapkan, sisanya bisa dikirimkan sampai akhir tahun ini, dengan komposisi mesin diesel yang mencapai 15 sampai 20 persen. Saat ini untuk mendapatkan Hyundai i20, pelanggan harus menunggu sekitar 1 bulan. Namun, untuk meminimalisir hal tersebut, sampai akhir tahun 2009 ini, Hyundai akan memasok 750 unit i20.

Memiliki rentang harga yang sangat kompetitif, yaitu pada kisaran Rp 153 juta, terlebih dengan dukungan fitur berkelas Eropa, tentunya membuat i20 mulai dilirik konsumen tanah air sebagai sebuah mobil kompak. Sehingga, Medium City Car terbaru dari Hyundai ini bisa saja membuat para kompetitor dikelasnya menjadi ketar ketir.

Fenomena tersebut rupanya sejalan dengan prediksi Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia, Jongkie D Sugiarto, pada saat meluncurkan i20 di Mostcatly Cafe, Pondok Indah, Jakarta.

Menurut Jongkie, Hyundai i20 memiliki fitur terlengkap dikelasnya, dengan rentang harga terendah dibanding para kompetitornya, yang membuat dirinya yakin i20 bisa diterima konsumen Indonesia. Bahkan, kalau memang penerimaan pasarnya bagus, HMI berniat untuk merakit varian berkonsep 'Leading Sub-compact Car' tersebut di Indonesia. "Kalau memang pasar maintenance-nya bagus, kita bisa meminta Hyundai i20 untuk dirakit disini," ujar Jongkie.

Hatchback 2010
Diluar Mazda dan Hyundai yang sudah lebih dulu menantang dominasi pemain lama, Nisssan dan Chevrolet juga akan menggebrak pasar hatchback di 2010. Meski sudah menurunkan Livina, Nissan dikabarkan akan segera memperkenalkan mobil hathcback terbaru mereka di 2010.

"Pihak prinsipal kita sudah menyetujui kalau Nissan juga ingin memasarkan hatchback di Indonesia pada 2010," aku Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Takayuki Kimura beberapa waktu lalu.

Meski tidak menyebutkan merek mobil dan waktu peluncurannya, niatan NMI untuk meluncurkan hatchback tersebut karena menilai produk global tersebut akan dipasarkan se-Asia. "Karena itu produk global jadi kita tertarik untuk memasarkannya. Pokoknya tunggu saja di 2010 peluncurannya di Indonesia, "ujarnya.

Sementara, Direktur Marketing PT NMI, Teddy Irawan mengaku belum bisa menyebutkan berapa kapasitas mesin dari mobil hatchback itu. "Kita belum bisa memastikan kapasitas mesin berapa yang kita pasarkan. Masih ngitung-ngitung," ujar Teddy.
Sementara ATPM Chevrolet di Indonesia, PT General Motors Autoworld Indonesia (GMAI), merencanakan untuk memasarkan 2010 Chevrolet Spark. Mobil ini pernah mencuri perhatian saat tampil bersama Chevrolet Camaro dalam film Transformers II – Revenge of The Fallen.

Dalam film itu, 2010 Chevy Spark masih dalam bentuk mobil konsep dengan nama Chevy Beat. Belakangan, dalam produksinya, Chevrolet malah menjual dengan nama Spark. Meski berubah nama, Spark tak ada bedanya dengan Beat. Spark tetap tampil dengan tiga pintu, satu pintu di antaranya berada di belakang (hatchback).

Chevrolet Spark diperkenalkan dalam International Motor Show 79 di Jenewa, Swiss, pada 5 - 13 Maret 2009. Spark sebenarnya lahir sebagai pengganti Daewoo Matiz yang telah lama mengisi pasar Chevrolet mini.

Chevrolet Spark yang memiliki panjang 3,640 meter dengan wheelbase 2,375 meter ini tersedia dalam mesin DOHC 4 silinder berkapasitas 1000 cc dan 1200 cc. New Chevrolet Spark juga akan dibekali front, side dan curtain airbags. Tak lupa ABS dan sistem stability control.

Chevy kecil ini baru akan beredar di dealer Eropa pada awal 2010. Baru kemudian pasar-pasar lain. Meskipun Amerika mendapat bagian penjualan mobil kecil Chevy, belum dipastikan Spark akan di jual di AS.

Sedangkan di Indonesia, Spark akan hadir pada Juni-Juli 2010. Kehadirannya, setelah Chevy Cruze, pada awal 2010. "Kami akan ambil dari Korea Selatan," kata Managing Director GMAI Mukiat Sutikno di Jakarta beberapa waktu lalu. Namun soal harga, Mukiat tak mau berterus terang. Masih tergantung dengan fluktuasi nilai tukar, kilahnya.

No comments: