Wednesday, December 23, 2009

Selular 2010 : Tumbuhnya Generasi C


Agresifnya pertumbuhan mobile data, tampaknya juga sejalan dengan tersedianya berbagai varian smartphone yang mendukung aktifitas itu. Memang menurut pandangan Direktur Utama IMO Sarwo Margono, saat ini pasar telekomunikasi akan banyak mengalami perkembangan khususnya di segmen smartphone. Masyarakat pun mulai pintar dan mengetahui kebutuhan yang dicarinya. Di dalam masyarakat juga akan tumbuh generasi baru, yakni Gen C (Generasi C), yakni generasi yang lebih creative, community dan concerned. Mereka ini berada pada kisaran usia muda, antara 17 – 35 tahun.

Alhasil, semua vendor mulai melirik segmen pengguna tersebut dengan menyediakan beragam smartphone yang mendukung aktifitas mereka. IMO yang merupakan brand lokal, pada 2010 akan mengeluarkan beberapa produk yang sudah dilengkapi WiFi, 3G dan smartphone, serta akan memberikan nilai tambah bagi pengguna ponsel IMO dengan memperkenalkan Android, IMO Chat dan Video Chat. ”IMO juga akan mengembangkan IMO Store yang nantinya akan banyak melibatkan orang-orang kreatif dari Gen-C tadi”, papar Sarwo.

Seperti halnya Sarwo, Head of Marketing Sony Ericsson Indonesia Djunaidi Satrio, memperkirakan bahwa tahun 2010 akan menjadi lebih kompetitif untuk dunia telekomunikasi bergerak. Hal ini menuntut vendor-vendor untuk lebih berinovasi agar mampu bertahan karena seleksi alam akan terus berjalan. ”Sony Ericsson sendiri akan fokus dalam meluncurkan produk-produk yang punya nilai lebih, tidak sekedar meluncurkan produk yang tidak punya perbedaan signifikan antara satu dengan lainnya”, ujar Djunaidi.

Pihaknya juga memastikan bahwa dalam strategi pengembangan produk, Sony Ericsson akan tetap melakukan pendekatan multi-platform, multi OS. Salah satu produk 2010 yang sudah diumumkan oleh Sony Ericsson adalah XPERIA X10 yang menggunakan platform Android. Model itu, imbuh Djunaidi, akan menjadi salah satu unggulan Sony Ericsson dan bisa dijadikan pedoman bagaimana produk patungan Jepang dan Swedia itu akan berkembang pada tahun-tahun depan.

No comments: