Monday, December 28, 2009

Keajaiban Industri Otomotif China


Saat negara-negara lain tiarap karena terpaan krisis ekonomi global, ekonomi China justru terus tumbuh meyakinkan. Gelontoran fulus milyaran dollar yang dianggarkan pemerintah China sebagai stimulus, terbukti mampu menyelamatkan pertumbuhan ekonomi negeri tirai bambu itu yang rata-rata mencapai 2 digit per tahun.

Alhasil dalam beberapa kasus, industri manufaktur China malah mencatat kinerja mengesankan. Anomali itu bisa dilihat dari trend industri otomotif. Saat produksi mobil di berbagai negara rontok hingga rata-rata 30%, tidak terkecuali Indonesia, pabrikan otomotif China justu melenggang. Mengutip Asosiasi Manufaktur Kendaraan China, penjualan dan produksi mobil sepanjang tahun ini di pasar domestik telah melebihi 13 juta unit.

Hebatnya dengan total penjualan segede itu, China untuk pertama kalinya melampaui AS dan Jepang, sehingga membuat negara raksasa Asia itu menjadi pasar kendaraan terbesar di dunia dan membantu usaha pemerintah Beijing dalam merangsang konsumsi domestik. Tampaknya, kebijakan Beijing memotong pajak mobil dengan mesin lebih kecil dari 1,6 liter dan menyubsidi kendaraan menggunakan energi alternatif, telah mendorong vendor otomotif setempat lebih bergairah.

Dengan keberhasilan itu, China sukses melanjutkan momentum pertumbuhan industri otomotif yang terus mencatat kinerja positif. Pada 2008 lalu penjualan mencapai 9,4 juta unit di pasar domestik. Naik 8% dari tahun sebelumnya.

Lonjakan pertumbuhan industri otomotif China, tak pelak menolong kinerja sejumlah pabrikan yang sebelumnya nyaris kolaps. Tengok saja raksasa otomotif asal AS, GM. Sepanjang sembilan bulan pertama 2009, vendor yang bermarkas di Detroit AS itu, telah memperpanjang rekor penjualan di China, yakni sebanyak 1,5 juta unit. Alhasil pencapaian itu, telah melewati 1,3 juta unit yang terjual pada tahun 2008.
"Ini telah menjadi rekor tahunan untuk GM di China," ujar Kevin Wale, Presiden GM China. Wale pun optimis, pasar otomotif di negeri berpenduduk lebih dari 1 milyar itu, mampu tumbuh hingga 20% pada 2010.

1 comment:

JagadOOT said...

Semoga keajaiban China ini bisa membuat industri otomotif Indonesia semakin berkembang dan tumbuh untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk mobil keluarga ideal terbaik Indonesia