Monday, November 30, 2009

Dari Willhem II, Big Boys Hingga Shinkasen


Para penggemar kereta model ini pun dapat berkelana jauh ke era sebelum Perang Dunia pertama. Mereka, misalnya, bisa menikmati seluk-beluk kereta api Kaisar Wilhelm II, yang aslinya beredar pada 1838 dan belakangan dibuat modelnya oleh Marklin Kereta ini melayani perjalanan para petinggi Imperium Jerman Raya, seperti Raja Ludwig II. Model yang dibuat secara khusus bagi pencinta Marklin itu menyajikan sentuhan kebangsawanan Jerman. Dari loko antik, lampu kabin yang bisa menyala, karpet lantai, tempat duduk, hingga toilet dibuat seperti aslinya.

Ada juga generasi yang lebih muda dan sama legendarisnya dari Amerika. Big Boys adalah kereta uap yang dibuat pada zaman cowboy, tepatnya pada 1918, yang menjelajahi belahan barat benua itu. Big Boys merupakan kereta dengan rangkaian terpanjang. Panjang rangkaian gerbongnya sampai sekarang pun tak pernah tertandingi, menjulur sejauh 1,6 kilometer.

Periode sejarah kereta api dibagi dalam lima era, yang masing-masing menunjukkan keunggulan teknologi pada masanya. Era pertama, seperti Wilhelm II, beranggotakan kereta yang dibuat pada 1835-1925. Era kedua adalah kereta tahun 1925-1945, ketiga 1945-1970, keempat 1970-1990, dan terakhir kereta modern supercepat buatan setelah tahun 1990, seperti Shinkasen di Jepang dan TGV di Perancis.

No comments: