Thursday, November 19, 2009

Superblok Merambah Ke Kota Satelit


Fenomena paling menarik dari bisnis properti Indonesia kini adalah menjamurnya pembangunan superblok. Gambaran riuh rendahnya pembangunan superblok tampak di beberapa wilayah strategis Ibu Kota. Di Jalan S Parman, di antara Taman Anggrek dan Hotel Ciputra, terdapat Podomoro City dengan luas 22 hektar.

Di sana tegak apartemen Mediterania I dan II. Juga Royal Mediterania Garden. Lalu, proyek paling gres yang bakal menjulangkan nama grup ini ialah Central Park, juga di Podomoro City. Central Park yang akan menjadi ikon Grup Agung Podomoro dibangun di atas areal 9,3 hektar.

Jika semua proyek selesai, grup usaha yang dipimpin oleh Trihatma Kusuma Haliman ini akan memiliki kawasan superblok modern terluas di Indonesia. Trihatma bisa bangga dengan proyek ini sebab ia membangun kawasan ikon baru.

Superblok juga tampak di kawasan premium Jakarta, Bundaran Hotel Indonesia dan sekitarnya. Misalnya, Thamrin Residence yang terdiri atas lima menara 35 lantai, kombinasi antara pusat hunian dan bisnis. Ini masih ditambah dengan sentra perkantoran, Jakarta City Center (JaCC) untuk peminat grosir dan ritel.

Selain Thamrin Residence (Thamres), terdapat dua superblok premium di kawasan lain, yakni superblok Grand Hyatt-Plaza Indonesia-EX dan sentra perkantoran. Dua gedung di sini dibangun dengan tinggi 50 lantai, memberi warna dominan untuk wajah MH Thamrin.

Ada pula superblok Grand Indonesia, hotel dengan latar belakang sejarah, dan dua menara 55 lantai yang dibangun oleh Grup Djarum. Grup besar lain, Ciputra dan Pakuwon, juga membangun beberapa superblok kelas satu. Ciputra, di antaranya, membangun Ciputra World di kawasan Kuningan. Salah satu proyek yang akan menjadi ikon grup ini adalah Ciputra Multivision Tower yang juga memiliki 28 lantai kelar dalam tempo 18 bulan. Bangunan yang menyundul langit Jakarta ini bakal berdiri di atas lahan seluas 4.800 m2. “Nilai investasinya mencapai Rp 250 miliar,” ujar Direktur Grup Ciputra, Nanny Santoso.

Adapun Grup Pakuwon membangun superblok di kawasan Casablanca dan Gandaria. Grup ini menganggarkan dana hampir Rp 10 triliun untuk pembangunan dua proyek besar itu. Proyek ini mendapat sambutan positif publik. Harapan kami, dua megaproyek ini akan memberi faedah untuk masyarakat, kata pimpinan Grup Pakuwon, Melinda Tedja.

Grup lainnya, Lippo, membangun proyek Kemang Village dan St Moritz di Jakarta. Di Surabaya, grup usaha yang dipimpin James Riady ini membangun City of Tomorrow. Lalu, proyek paling gres datang dari Subianto Satmaka dan kawan-kawan. Mereka membangun superblok di Pancoran, Area 24. Proyek ini dikerjakan arsitek kawakan Ridwan Kamil.

Sementara Grup Perdana Gapuraprima pada 2010 juga akan tancap gas. Grup ini akan membangun Plaza Subroto dan The Mansion Mega Kuningan. Saat ini, kedua proyek itu tengah dalam proses perizinan. Gapura Prima Plaza Subroto merupakan bangunan yang terdiri dari perkantoran, mal, dan apartemen. Sesuai namanya bangunan ini terletak di Jl. Gatot Subroto, tepatnya di bawah fly over Slipi. Sedangkan The Mansion Mega Kuningan bakal dibangun di kawasan Mega Kuningan, tepatnya di samping Bellagio Mansion.

Di kawasan Serpong yang menjelma menjadi kota satelit Jakarta, PT Alam Sutera Realty Tbk juga berencana mengembangkan proyek properti superblok (mixed use development) tahap II. "Paling cepat, 2010 baru bisa jalan," ujar Presiden Direktur Alam Sutera Realty Tri Ramadi. proyek superblok tahap II kalau jadi dibangun bersama dengan pihak asing akan berada di atas lahan seluas 20 hektare milik perseroan. "Tetapi pengembangannya tentunya bertahap, tidak sekaligus karena kita juga menanti adanya investor," tutur Tri.

Ia menuturkan, proyek tersebut diberi lebel Superblok II karena saat ini Alama Sutra juga sedang mengembangkan proyek serupa dengan bekerja sama dengan asing di kawasan Serpong, Tangerang yang terdiri dari mal, hunian, mal, dan kampus. "Asing semakin berminat, karena saat ini hunian kami sudah memiliki akes jalan tol sendiri," ujarnya.

2 comments:

Moon said...

sankyuu atas post'a yg ini.. sgt membantuku dlm tgas mendesain..

Moon said...
This comment has been removed by the author.