Wednesday, November 4, 2009

Dari Solar Control Hingga Anty Spy


Dilihat dari sejarah, militer merupakan institusi pertama yang mengembangkan teknologi kaca film, tujuannya adalah untuk melindungi dari serangan musuh. Sukses di militer, kaca film dikembangkan ke masyarakat sipil. Pada 1950-an, kaca film mulai dipakai mobil-mobil sipil. Buntutnya kaca film semakin berkembang dan menjadi bisnis aksesoris mobil yang menguntungkan.

Generasi pertama kaca film berkonsentrasi untuk menghalangi intensitas visible light. Pada generasi pertama, kaca film hanya dibuat dengan mencelupkan ke bahan pewarna tanpa ada material yang mampu menahan panas. Jadi meski sudah gelap, panasnya tetap saja terasa.

Kemudian generasi kedua muncul dengan diperkenalkannya teknologi metalizing. Teknologi ini menggunakan polyester yang dilapisi logam alumunium dengan teknik pencelupan (coating) di ruang hampa. Namun karena masih tidak dapat memberikan hasil yang maksimal, maka teknologi ini lama-lama ditinggalkan.

Belajar dari kekurangan tadi, generasi ketiga sudah dirancang agar tidak menghasilkan panas berlebih yang bisa merusak polyester. Solusinya adalah dengan sputtering, yakni penembakan ion-ion metal ke lapisan polyester sebagai bahan dasar kaca film.

Pada generasi ini, kaca film sekonyong konyong menjadi lembaran plastik transparan ajaib karena menjadi media penangkal panas yang baik sekali. Namun oleh pabrikan ternama di AS, teknik sputtering dikembangkan lagi menjadi multi-sputtering agar bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

Saat ini teknologi terbaru dari kaca film mulai memanfaatkan teknologi nano. ”Namun karena teknologi generasi ini justru kembali menggunakan senyawa kimia dan bahan pewarna seperti teknologi terdahulu, hasilnya tidak lebih baik dari kaca film generasi ketiga yang sudah menggunakan metal”, ujar Troy Kurniawan, Brand Manager SolarGard.

Kini seiring dengan kebutuhan dan fungsi yang terus meningkat, produk-produk kaca film juga semakin beragam. Tidak hanya Solar Control, namun juga Building, Decorative dan Safety/Security. Llumar, perusahaan kaca film asal Amerika, dikenal sebagai produsen yang getol mengembangkan kaca film Anti Spy dan Paint Protection Film.

Kaca Film Anti Spy ini berfungsi sebagai Wi-Fi Shield, dimana sesuai dengan perkembangan jaman, telah banyak kantor atau institusi penting menggunakan jaringan Wi-Fi di lingkungannya.

Kaca Film Anti Spy ini sangat unik, karena dapat melindungi data data penting kita supaya tidak bisa di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab melalui gelombang Wi-Fi.

Sedangkan Paint Protection Film yang juga dikembangkan oleh 3M, memiliki performance untuk melindungi cat mobil kita dari baret baret kecil saat dicuci maupun dari tar atau aspal yang sering menempel di bagian samping bawah saat mobil melaju di jalan raya.

No comments: