Monday, July 27, 2009

Memahami Perilaku Pengguna Internet


Memahami perilaku pengguna internet, menjadi keharusan bagi perusahaan yang ingin membangun komunikasi secara lebih intens dengan komunitas yang dituju. Pemahaman tersebut sangatlah penting, karena kehadiran internet mampu mengubah perilaku konsumen. Dari sekedar membaca menjadi mengomentari, menulis sekaligus sharing. Dari Individu menjadi bagian dari social networking yang partisipatif. Dan dari sekedar pembaca menjadi publisher.

Nah, berbagai survey yang dilakukan sejumlah lembaga, menemukan fakta menarik seputar perilaku pengguna internet di Indonesia, yang saat ini diprediksi telah melebihi 30 juta pengguna. Dan diprediksi akan menjadi 50 juta pengguna pada akhir 2009.

Riset yang dilakukan Admax pada 2007, menunjukkan bahwa 30% pengguna adalah pria. Usia dominan (83%) terentang antara 20-40 tahun. Sebanyak 72% diantaranya memiliki pendidikan setingkat diploma atau lebih. Penghasilan paling dominan (46%) adalah Rp 3 juta. Dan 11% memiliki penghasilan lebih dari Rp 10 juta. Yang tidak kalah menarik, sebanyak 84% pengguna mencari informasi lebih dahulu melalui internet sebelum membeli suatu produk.

Sekarang kita longok waktu berinternet-ria. Survey yang dilakukan Synovate Indonesia terungkap bahwa 44% responden berselancar di internet setiap hari. Dari jumlah itu, sebanyak 70% menghabiskan waktu hingga lebih dari 2 jam. Sementara 46% responden melongok internet 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Dan dari jumlah itu, rata-rata mereka menghabiskan waktu 1 hingga 2 jam per hari.

Bagaimana dengan segmen dan profile pengguna? Sebanyak 15% adalah kalangan innovators, 20% early adopters, 33% early majority, 17% late majority dan 15% laggards.

Riset yang dilakukan oleh Synovate Indonesia juga menunjukkan, berbagai temuan menyangkut aplikasi-aplikasi favorit. Ternyata, sebanyak 89% responden senang melakukan browsing, 87% email, 75% chat, 46% download dan hanya 18% bermain game.

Sekarang, situs-situs apa saja yang paling sering dikunjungi? Berdasarkan riset yang dilakukan Alexa.com yang dirilis pada 17 Juli 2008, 20 situs teratas yang paling menyedot pengguna internet berturut-turut adalah : Yahoo, Google, Friendster, Youtube, Blogger, Rapidshare, Kaskus.us, Wordpress, Detik.com, Facebook, Multiply, Wikipedia, Detiksport.com, MSN, Windows Live, Kompas.com, Detiknews.com, KlikBCA, 4Shared, dan Photobucket.

Perhatikan, dari ke 20 situs itu, ada enam situs lokal yang jadi favorit pengguna internet di Indonesia. Selain itu, dengan popularitas Facebook, Twitter, Multiply dan sejenisnya, bukan tidak mungkin situs-situs jejaring sosial yang memungkinkan pengguna saling berinteraksi, semakin menyodok ke posisi lima besar.

Survey yang dilakukan Google Trend yang dipublikasikan pada Juli 2008, juga menunjukkan beragam temuan menarik. Pengguna internet ternyata kerap melakukan multiple browsing. Sebagai contoh, saat membuka Detik.Com, mereka juga membuka kanal-kanal Detik lainnya, juga membuka Kompas.Com dan Seleb.tv.

No comments: