Thursday, October 15, 2009

Unlimited Asli Dari Smart Telecom


Sepanjang 2009 pasar data tampaknya semakin booming. Operator yang sebelumnya harus rela dengan ARPU voice dan SMS yang terus menurun, tampaknya mulai kembali bersemangat, karena ARPU di pasar data sangat menjanjikan.

Bila kita telusuri, booming pasar data dipicu oleh maraknya situs-situs pertemanan (social networking). Pasar data yang sebelumnya lebih didominasi oleh pelanggan korporat, mendadak bergeser ke kelas consumer. Sudah begitu handset yang mendukung untuk aktifitas ini semakin beragam, terutama BlackBerry yang belakangan pamornya semakin menjulang. Padahal harganya masih terbilang mahal, rata-rata Rp 6-7 juta. Bahkan handset bekasnya pun masih cukup tinggi untuk kantung orang kebanyakan.

Meski begitu, terutama bagi kelompok the raving fashionista, harga bukan lagi ukuran. Alhasil, segmentasi pasar pun semakin meluas hingga ke kalangan remaja. Eforia Facebook membuat aktifitas nongkrong, kini tidak sebatas sekedar pencet-pencet SMS atau main game. Namun juga buka-buka situs, sekedar update photo atau kasih komentar ke situs teman.

Nah, fenomena itu dengan jeli ditangkap oleh para operator. Salah satunya adalah Smart. Tak tanggung-tanggung, operator milik Grup Sinar Mas meluncurkan promo dengan tagline meyakinkan, yakni Smart ”Bonus Unlimited Internet yang Sesungguhnya”.

Menurut Head of Region Commercial West Java PT Sinar Mas Telecomunication (Smart) Antony Pandapotan, promo Smart merupakan jawaban atas kebutuhan pengguna yang semakin meningkat namun ingin tetap hemat. ”Selama ini banyak operator yang mengeluarkan bonus unlimited namun ternyata dibalik kata ”unlimited” yang mereka gembar-gemborkan, masih terdapat batasan-batasan yang tidak dikomunikasikan oleh konsumen”, ujar pria yang akrab dipanggil Anton ini.

Kondisi itulah yang dijawab oleh Smart dengan bonus unlimited internet yang diberikan tanpa syarat dan berlaku selama 24 jam pada paket produk-produk datanya. Salah satu paket yang sekarang banyak diminati oleh konsumen adalah Smart Netbook 3.5G Tekomplit, dengan bonus internet 100 hari.

Dengan memilih Paket Prabayar Smart Netbook hanya seharga Rp 3.999.000, konsumen sudah memperoleh netbook keren dengan Genuine Windows XP, unlimited internet 100 hari dengan kecepatan download maks 3.1 Mbps dan internet modem 3,5G EVDO Rev A. Selain itu Smart Netbook itu, sudah dilengkapi dengan fasilitas webcam dan WiFI. ”Terbilang murah dan komplit”, ujar Anton sambil berpromo.

Selaian paket yang terjangkau itu, Smart juga menyadiakan paket pasca bayar seharga Rp 409.000/bulan sudah termasuk bonus unlimited internet 12 bulan, dengan kecepatan download yang sama dengan paket prabayar.

Jika sudah habis masa gratisannya, pelanggan tinggal berlangganan Paket Internet Unlimited yang bisa diatur sesuai kebutuhan, apakah harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Smart juga mematok tarif yang terjangkau, yakni Rp 3.000/hari, pelanggan sudah bisa internetan sepuasnya.

Dengan dua promo menarik itu, Anton optimis dapat semakin mendongkrak trafik data yang lebih menawarkan ARPU menarik, ketimbang voice atau SMS yang semakin terjun bebas.

No comments: