Thursday, October 15, 2009

Pilih-Pilih Layanan Mobile Internet


Industri selular sepanjang 2009 ditandai dengan perkembangan baru. Operator yang tahun lalu getol perang tarif voice dan SMS, kini serius menggarap layanan data. Konsumen pun makin diuntungkan dengan akses internet cepat dan murah. Namun sebelum menentukan pilihan, sebaiknya kenali dahulu ”jeroan” layanan data masing-masing operator. Apalagi banyak promo yang cenderung menjebak karena tidak sesuai dengan penawaran yang dijanjikan.

Paket Internet Indosat
Indosat mengeluarkan paket tidak terbatas alias unlimited untuk berlangganan akses internet dengan munculnya Indosat 3,5 G. Untuk saat ini paket unlimited Indosat 3,5 G Broadband baru tersedia di lima kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakar-ta, dan Surabaya.

Tarif murah akses internet Indosat hanya Rp 1 per kb atau Rp 100 per menit. Untuk dapat menikmati tarif murah akses internet, pelanggan tinggal membuat setting internet di handphone (HP) berbasis volume. Dengan tarif murah internet, pelanggan kartu IM3 makin leluasa menikmati layanan Facebook, chatting via mig33, Yahoo, browsing opera mini, dan fitur yang lainnya.

Selain itu, kini pengguna kartu Mentari dan IM3 juga dapat berselancar lebih leluasa dengan voucher internet Indosat, yaitu voucher khusus dari Indosat yang pulsanya hanya bisa digunakan untuk akses internet atau akses data. Dengan voucher internet Indosat, surfing, browsing, downloading, uploading, e-mail, sampai chatting tarifnya Rp 10 per 30 detik dengan kecepatan sampai dengan 256 kilobit per detik (kbps). Sayang, voucher internet Indosat baru tersedia dalam bentuk elektronik dengan denominasi Rp 5.000 untuk masa aktif lima hari.

Paket Internet Telkomsel
Telkomsel mengusung TelkomselFlash, yakni layanan highspeed wireless broadband atau akses internet nirkabel dengan kecepatan maks 3,2 Mbps. Layanan mereka didukung teknologi high speed downlink packet access (HSDPA). Layanan ini untuk seluruh pelanggannya, baik pascabayar (kartu Halo) atau prabayar (Simpati dan kartu As) dengan tarif akses data berbasis waktu.

Dalam hal pentarifan, Telkomsel Flash berbeda dengan layanan operator lain. Bila operator lain berbasis volume, maka layanan ini menggunakan skema tarif yang didasarkan atas durasi waktu pemakaian (time base). Sehingga tarifnya cenderung mahal.

Saat ini Telkomsel menawarkan enam pilihan model tarif. Pertama, tawaran dengan skema tarif Rp 350 per menit. Ke-dua, paket tiga jam Rp 30.000. Untuk paket jenis ini hanya berlaku alias valid untuk satu hari pemakaian.

Ketiga, paket 24 jam seharga Rp 100.000. Paket jenis ini hanya berlaku (valid) untuk satu minggu. Paket ini juga berlaku untuk kartu Simpati, Halo, dan kartu As.
Sedangkan tiga paket sisanya, untuk paket bulanan, 40 jam Rp 200.000, 100 jam Rp 400.000, dan 250 jam Rp 800.000. Dan, itu hanya untuk kartu Halo.

Paket Internet XL
XL meluncurkan layanan paket internet untuk XL prabayar dan XL pascabayar sejak Mei 2009. Untuk pelanggan XL prabayar, cukup dengan voucher yang ada, sehingga pelanggan tak usah repot-repot untuk mencari voucher khusus internet.

Tarif internet untuk XL prabayar Rp 3 per kilobit (kb), sementara XL pascabayar Rp 3,3 per kb, termasuk pajak. Ada dua jenis paket yang ditawarkan XL, yaitu harian dan mingguan. Untuk paket harian, biayanya Rp 2.000 dengan kuota 1 megabit (Mb); jika lebih dari 1 Mb akan terkena tarif Rp 3 per kb. Masa berlakunya sehari. Paket mingguan, biaya Rp 10.000 dengan kuota 10 Mb. Lebih dari 10 Mb akan dikenai tarif Rp 3 per kb. Masa berlaku tujuh hari.

Paket Internet Fren
PT Mobile-8 Telecom Tbk, operator CDMA merek Fren, terbilang paling awal menghadirkan paket internet, yakni pada 2003. Namanya Max Surf. Paket ini bisa untuk kartu prabayar dan pascabayar Fren.

Selanjutnya, Mobile-8 mengeluarkan brand yang mengkhususkan layanan akses data ke pelanggannya. Yaitu: Mobi, yang pertama kali meluncur pada 4 Februari 2009.
Tarif Mobi prabayar berbagai macam, untuk prabayar Rp 0,1 hingga Rp 0,25 per kb. Untuk pascabayar, jenis silver Rp 88.000 dengan kuota 500 megabit (Mb) dengan kecepatan hingga 3,1 megabytes per second (Mbps). Jika melebihi tarif, akan dikenai Rp 0,25 per kb. Sementara, paket gold Rp 150.000 dengan kuota 1,25 gigabit (Gb) dan kecepatan hingga 3,1 Mbps. Jika lebih dari itu, tarifnya Rp 0,25 per kb.
Lantas, pascabayar platinum Rp 250.000 kuota 3 Gb dan kecepatan hingga 3,1 Mbps. Jika melebihi, tarif Rp 0,25 per kb.

Paket Internet Axis
PT Natrindo Telepon Seluler, operator selular Axis, membundel paket internet berbentuk bundling modem serta paket harian atau mingguan dengan sistem bundel modem 3G dan kartu microSD 1 Gb.

Untuk jenis Maxilite, pelanggan mendapat akses gratis 200 Mb per bulan selama enam bulan, biaya kelebihan pemakaian Rp 1,5 per kb. Harga perdana Rp 188.000. Apabila beserta modem plus microSD 1 Gb harganya Rp 988.000.

Untuk Maxipro, gratis 500 Mb per bulan selama satu tahun, biaya kelebihan pemakaian Rp 0,7 per kb. Harga perdana Rp 588.000. Tambah modem dan microSD 1 Gb: Rp 1.388.000.
Untuk Maximum gratis 3 Gb per bulan selama setahun, biaya kelebihan Rp 0,5 per kb. Harga perdana Rp 1.488.000. Bila plus modem dan microSD 1 Gb jadi Rp 1.988.000.

Paket Internet Flexi
Telkom menyediakan paket internet dengan label TelkomFlexi, baik untuk prabayar (trendy) maupun pascabayar (classy). Selain menggunakan mode charging berdasarkan volume data (volume based) yang telah dikenal selama ini, Flexi juga telah meluncurkan mode charging berdasarkan waktu akses (time based).

Pelanggan dapat memilih sendiri mode akses yang diinginkan volume atau waktu akses kapan saja dan di mana saja dengan hanya melakukan login dengan user name yang telah disediakan untuk masing-masing mode charging itu.

Tarif layanan data Telkom Flexi pascabayar, untuk layanan internet dengan metode akses packet data network (PDN based) seharga Rp 3 per kilobit (volume based) dan Rp 200 per menit (time based).

Paket Internet StarOne
Selain menyediakan paket internet berbasis GSM di kartu Mentari dan IM3, PT Indosat Tbk juga menawarkan paket internet di kartu StarOne. Layanan internet di StarOne sudah ada sejak StarOne berdiri di tahun 2004.

Tarif StarOne prabayar dan pascabayar ritel adalah Rp 1 per kb atau Rp 75 per menit. Selain paket ritel, tersedia paket berlangganan. Untuk StarOne pascabayar, tersedia paket berlangganan Rp 45.000 untuk 350 Mb per bulan, Rp 99.000 untuk 1 Gb per bulan, serta Rp 125.000 untuk internet unlimited selama 30 hari. Lalu, di StarOne prabayar tersedia paket langganan Rp 45.000 buat internet unlimited selama tujuh hari. Selain itu StarOne juga menyediakan program Internet Bundling Modem dengan tarif Rp 0,1 per kb dan Rp 25 per menit.

Paket Internet Smart
Smart Telecom juga tak mau ketinggalan menawarkan paket internet. Mereka menawarkan paket bundling dengan netbook dengan bonus unlimited internet yang diberikan tanpa syarat dan berlaku selama 24 jam pada paket produk-produk datanya. Salah satu paket yang sekarang banyak diminati oleh konsumen adalah Smart Netbook 3.5G Tekomplit, dengan bonus internet 100 hari.

Dengan memilih Paket Prabayar Smart Netbook hanya seharga Rp 3.999.000, konsumen sudah memperoleh netbook keren dengan Genuine Windows XP, unlimited internet 100 hari dengan kecepatan download maks 3.1 Mbps dan internet modem 3,5G EVDO Rev A. Selain itu Smart Netbook itu, sudah dilengkapi dengan fasilitas webcam dan WiFI.

Selain paket yang terjangkau itu, Smart juga menyadiakan paket pasca bayar seharga Rp 409.000/bulan sudah termasuk bonus unlimited internet 12 bulan, dengan kecepatan download yang sama dengan paket prabayar.

Jika sudah habis masa gratisannya, pelanggan tinggal berlangganan Paket Internet Unlimited yang bisa diatur sesuai kebutuhan, apakah harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Smart juga mematok tarif yang terjangkau, yakni Rp 3.000/hari, pelanggan sudah bisa internetan sepuasnya.

No comments: