Tuesday, October 13, 2009

Memory Card, The Faster The Better


Memory card kini menjadi primadona, terutama untuk penggunaan mobile device dan handheld computing yang memiliki keterbatasan memori, termasuk USB flash. Dengan memory card, Anda dapat membawa setumpuk data, baik berupa file, dokumen, games, buku, musik hingga konten digital yang dapat mendukung akitifitas mobile Anda.

Umumnya memory card yang banyak digunakan adalah Secure Digital (SD), Compact Flash (flash/microdrive) dan Memort Stick. Masing-masing format dikembangkan oleh berbagai perusahaan yang saling bersaing dalam menghasilkan produk dengan berbagai kelebihan, terutama dari sisi kapasitas dan kecepatan, seperti Sandisk, Kingston, Toshiba, Panasonic dan Sony.

Saat ini Toshiba dan Samsung terlibat dalam persaing ketat guna mengembangkan teknologi kartu memory yang lebih canggih. Baik dalam hal kapasitas maupun kecepatan membaca data.

Toshiba belum lama ini mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan kartu memori SD yang mampu membaca dan menulis data dengan kecepatan lebih cepat dari kartu yang ada saat. Toshiba memastikan bahwa produk ini akan tersedia dalam waktu kurang dari satu tahun.

Toshiba yang merupakan salah satu vendor dibelakang format SD card, berencana untuk mengirimkan sampel kartu berdasarkan versi 3,0 dari standar SD Memory OEM ke produsen pada bulan November tahun ini. Diharapkan pada 2010 konsumen sudah dapat menikmati kartu memory dengan kemampuan dashyat itu.

Toshiba mengungkapkan bahwa versi 3.0 dari standar diumumkan pada bulan Januari tahun ini, memiliki kecepatan transfer data hingga 104MB per detik. Kecepatan data yang dapat mengalir ke dan dari kartu semakin penting sebagai kartu mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan digunakan untuk file besar seperti high-definition video klip.

Kartu memori versi 3.0 dari Toshiba in akan mencakup 16GB dan 32GB, SDHC 64GB. Model dan kartu didasarkan pada spesifikasi SDXC yang merupakan pengembangan teranyar SD Cards yang nantinya akan menawarkan kapasitas hingga 2TB.

Sementara vendor Korea, Samsung juga sudah berancang-ancang. Samsung Electronics Co pada Juni lalu mengumumkan bahwa pihaknya telah menuntaskan pengembangan memory card terbaru dengan kapasitas hingga 32GB yang memiliki kemampuan dua kali lipat dibandingkan kartu sebelumnya.

Menurut juru bicara Samsung, 32GB moviNAND adalah kartu pertama yang terdapat kartu memori menggunakan chip 32Gbit berdasarkan 30-nanometer.
Setiap 32GB moviNAND perangkat 30nm Samsung mencakup delapan kelas 32Gb NAND chip, kartu multimedia (MMC) dan controller firmware. Samsung 30nm moviNAND memiliki beragam kapasitas yakni 16GB, 4GB dan 8GB.

Ledakan Permintaan
Menurut Firma riset iSupply Corp, penggunaan kartu memori dengan kapasitas besar akan semakin marak, karena dipicu oleh beragam perangkat mobile yang menawarkan beragam kemampuan multimedia. Firma itu memprediksi dalam waktu empat tahun atau pada 2013 mendatang, akan terjadi ledakan permintaan hingga delapan kali lipat, terutama untuk pertumbuhan memory card dengan 32GB.

Saat ini sekitar 120 juta kartu memori dengan kapasitas 16 GB NAND telah diserap pasar. Jumlah itu merupakan 13% dari pengiriman global kartu memori. Pada 2013 nanti, sekitar 950 juta kartu diharapkan telah dikirim, sehingga kartu dengan kapasitas 16 GB mencapai 72% dari total pengiriman dunia, demikian iSupply.

Pihak Samsung menyebutkan kartu dengan kapasitas 32Mb akan menjadi primadona. Kartu yang baru ini ditujukan pada high-end ponsel, pemutar musik dan ponsel lainnya elektronik konsumen. Samsung mengatakan bahwa besarnya kapasitas kartu menawarkan kinerja yang lebih baik untuk memproses dan menyimpan sejumlah besar konten multimedia seperti video, video game dan siaran TV.

Samsung milik moviNAND chip menggunakan interface kecepatan tinggi bersama-sama dikembangkan oleh JEDEC dan MMCA (MultiMedia Association) dan eMMCv4.3. Spesifikasi nya termasuk fitur yang mengurangi waktu boot-up dan sleep untuk mengurangi konsumsi daya.

No comments: