Monday, October 26, 2009

Shopping Lewat Ponsel Semakin Diminati


Meski memiliki potensi besar, trend shopping dengan ponsel masih mencari bentuk. Di AS misalnya, dari 45 juta shopper yang terbiasa berbelanja lewat koneksi Internet, pada tahun ini diperkirakan hanya 6,4 juta pengguna yang membeli produk lewat ponsel.

Menurut riset Nielsen, trend konsumen berbelanja melalui ponsel, akan segera menemukan momentum karena gadget ini mudah digunakan. Pengguna tak perlu harus beringsut dari tempat duduk, jika menginginkan produk yang diminati. Selain itu beragam aplikasi shopping mulai banyak tersedia terutama ponsel smart phone seperti Apple, iPhone dan gadget cerdas berbasis Google Android.

Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna ponsel untuk berbelanja dengan cara yang praktis dan ekonomis.

ShopSavvy
Tersedia di : Google's Android, Apple's iPhone
ShopSavvy memungkinkan konsumen untuk melakukan perbandingan langsung pada toko-toko yang menyediakan produk sejenis. Caranya cukup mudah. Pembelanja mengambil foto sebuah produk barcode dengan kamera ponsel. Kemudian menscan barcode pada ShopSavvy. Seketika daftar beberapa pengecer yang menyediakan item itu akan muncul berserta harganya. Jika tertarik, pengguna dapat langsung memesan barang, baik dari e-commerce peritel atau toko terdekat, termasuk layanan delivery. Aplikasi ini sudah tersedia di Apple's iPhone sejak Juli lalu, pada produk RIM mulai September dan Palm pada akhir 2009.

GrubHub.com
Tersedia di: iPhone
Mereka yang tinggal di New York City, Chicago, San Francisco atau Boston, sekarang tak perlu lagi takut keroncongan. Tinggal pencet ponsel, makanan yang dipesan diantarkan langsung ke rumah. Layanan ini diperkenalkan oleh GrubHub.com, khususu oleh pengguna iPhone. GrubHub.com sejauh ini telah bekerjasama dengan 1.200 restoran.

1-800-Flowers Mobile
Tersedia di: BlackBerry dan iPhone
Aplikasi shopping ini memungkinkan pengguna memesan rangkaian bunga favorit lewat 800-Flowers. Untuk menarik lebih banyak pelanggan, 800-Flowers kadang-kadang menawarkan diskon khusus bagi pengguna ponsel. Hebatnya, pengelola menggaransi layanan dapat diselesaikan dalam waktu 30 detik setelah informasi kartu kredit pelanggan tersimpan ke dalam sistem. 800-Flowers juga menjamin data nasabah akan terlindungi dengan sandi pribadi. Layanan juga mengintegrasikan buku alamat telepon sehingga pengguna dapat memesan dengan hanya beberapa klik.

Slifter
Tersedia di: BlackBerry dan iPhone
Aplikasi terbilang powerful karena menjadi gudang data. Tak tanggung-tanggung, pengguna untuk membandingkan harga dari 300 juta produk dan melihat di mana mereka tersedia di dekatnya. Slifter juga meliputi pemberian pedoman, promosi produk dan berbagi tombol yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan e-mail teman-teman atau kolega.

Amazon
Tersedia di: Blackberry dan iPhone
Melalui aplikasi shopping ini, pengguna dapat mengakses account Amazon yang ada untuk ditambahkan ke daftar keinginan, membaca ulasan pelanggan, melihat produk, membandingkan harga, melacak pengiriman dan tentu saja, melakukan pembelian dari Amazon dan ratusan mitra yang telah tergabung ke dalam raksasa ritel on-line ini.

ShopStyle
Tersedia di: iPhone
Di Web, ShopStyle adalah agregator modis situs e-commerce. Pembeli menggunakannya sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga online item seperti Marc Jacobs handbags, Current Elliot jeans dan jas hujan Burberry. Aplikasi mobile shopping ini melayani tujuan yang sama, plus navigasi yang mudah melalui lima kategori berbeda: pakaian, tas, sepatu, aksesori dan perhiasan.

Kindle
Tersedia di: iPhone
Bagi mereka yang menyukai gagasan tentang Kindle tetapi tidak mau keluar uang $ 359 pada tablet elektronik, aplikasi ini adalah pengganti yang layak. Hal ini memungkinkan pengguna untuk men-download lebih dari 300.000 buku.

Ralph Lauren
Tersedia di: iPhone
Miliarder desainer Ralph Lauren adalah orang pertama di dunia mode yang memperkenalkan shopping lewat ponsel, lewat aplikasi iPhone pada Oktober 2008. Pengguna memnang tidak dapat membeli pakaian dan aksesoris secara langsung melalui aplikasi itu, namun mereka dapat melihat tampilan koleksi terbaru, lokasi toko dan nomor telepon, ditambah fitur-fitur pada aksesori tertentu. Pembeli dapat menggunakan browser Web pada ponsel untuk membeli item yang diinginkan.

Grocery IQ
Tersedia Pada: iPhone
Ini bukan e-commerce toko, yang dapat membantu pengguna untuk lebih baik mengelola daftar belanjaan. Namun aplikasi ini emungkinkan pembeli untuk mengambil barang belanjaan khusus untuk daftar mereka dalam waktu singkat, hanya dengan menggunakan search. Nantinya secara otomatis daftar barang belanjaan dimasukan pada list yang telah Anda beli. Daftar belanjaan itu juga dapat dibagi melalui e-mail, jika Anda mewakilkan aktifitas belanja melalui orang lain.

Your Reebok
Tersedia di: iPhone
Aplikasi ini terbilang unik, karena pengguna dapat desain sendiri (costumized) sepasang sepatu Reebok yang Anda inginkan. Aplikasi shopping dengan ini ponsel ini menawarkan tiga merek sepatu olahraga paling terkenal - Freestyle, Classic Kulit dan Ventilator - dalam 19 warna dan empat materi. Harga mulai dari $ 130. Layanan lain yang juga cukup menarik adalah teks personalisasi namun dengan bersifat opsional

No comments: