Friday, August 28, 2009

BCA Melaju Dengan Kartu Flazz


Belakangan ada yang sedikit berbeda jika Anda membayar parkir, khususnya pada operator berlogo Secure Parking (SP). Kini dengan kartu Flazz, Anda tinggal menempelkan kartu pintar itu pada mesin reader untuk membayar tarif parkir tanpa harus menggunakan uang tunai.

Memang untuk mendongkrak pertumbuhan, sejak beberapa waktu lalu BCA telah menjalin kerjasama dengan SP yang note bene merupakan operator perparkiran terbesar di Indonesia. Kini pengguna kartu Flazz kini dapat bertransaksi di lebih dari 120 outlet SP yang tersebar di berbagai wilayah. Tak hanya itu, untuk kebutuhan BBM, pengguna juga semakin dimudahkan karena dapat bertransaksi melalui Flazz di lebih dari 200 SPBU.

Parkir dan SPBU adalah target merchant yang terus diperluas jumlahnya oleh BCA. Sebelumnya untuk mempopulerkan kartu Flazz, bank swasta papan atas ini telah menggandeng berbagai merchant pada katagori food and beverages, seperti Es Teler, Solaria, Starbucks, Tamani Express dan lain-lain. Sementara untuk katagori non food and beverages, BCA telah menjalin kerjasama dengan Alfamart, Indomaret, Carrefour, dan lain-lain.

“Hasilnya adalah 7000 outlet merchant yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya sudah dapat menerima transaksi Flazz. Sementara total pemegang kartu hingga saat ini telah mencapai 1 juta member”, ungkap Deputy Manager BCA Evony Barlianto.

Pesatnya pertumbuhan kartu Flazz bukan hanya karena potensi pasar yang besar. Namun sampai sejauh ini, belum ada kompetitor yang head on, karena Flazz merupakan kartu prabayar multifungsi yang tercepat dan pertama di Indonesia, dimana satu kartu dapat digunakan untuk berbagai lini bisnis, seperti food & beverage, tempat wisata, tempat bermain, toko buku, SPBU, pasar modern dari minimarket sampai hypermarket, perparkiran, sarana transportasi dan sebagainya.

Sementara beberapa Bank lain yang sudah mulai masuk atau bersiap-siap masuk mempunyai strategi masing-masing, misalnya ada yang yang menerbitkan kartu berdasarkan fungsinya per lini bisnis tertentu, ada juga yang menerbitkan kartu untuk event tertentu.

Sejak kehadirannya, kartu Flazz menyasar para pengguna uang tunai untuk transaksi-transaksi dalam nominal kecil di industri yang membutuhkan kecepatan bertransaksi, misalnya parkir, SPBU, F&B, dan beberapa lini bisnis lainnya.

Sekedar informasi tambahan, kartu Flazz adalah alat pembayaran multifungsi tercepat pertama di Indonesia untuk kenyamanan hidup Anda. Menggunakan teknologi chip dan RFID (Radio Frequency Identification), Kartu Flazz pantas untuk disebut sebagai kartu prabayar multifungsi dengan teknologi terkini. Kartu Flazz berbeda dengan kartu kredit dan kartu debit.

Bila otorisasi transaksi pembayaran kartu kredit dan debit dilakukan secara online di pusat data bank, otorisasi transaksi untuk kartu Flazz dilakukan langsung di chip di kartu Flazz itu sendiri. Pengisian ulang saldo (top up) pun mudah, cukup membawa Kartu Paspor dan Kartu Flazz ke ATM Non-tunai BCA serta merchant-merchant berlogo Flazz Isi Ulang. Minimum top up Rp 100.000, dan maksimum saldo yang dapat tersimpan di kartu maksimum Rp 1 juta.

Kartu Flazz menawarkan kecepatan, kemudahan, kepraktisan bertransaksi. Cepat, karena transaksi pembayaran diselesaikan dalam hitungan detik dengan proses kerja contactless (tidak perlu digesek seperti kartu kredit, cukup diletakkan di mesin reader). Mudah, karena tidak perlu menginput PIN. Praktis, karena tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, juga tidak perlu menyimpan uang receh lagi. Selain itu, murah, karena tanpa biaya transaksi.

Keuntungan lain, terhindar dari risiko kesalahan hitung dan uang palsu karena tidak terjadi transaksi tunai. Kemudahan bagi merchant, tidak perlu sedia uang kembalian, mempercepat layanan karena tidak perlu mengecek keaslian uang dan menghitung uang saat transaksi, pula tidak perlu menyimpan uang dalam jumlah besar.

Tak dapat dipungkiri nama besar BCA sebagai bank papan atas membuat pertumbuhan Flazz terkatrol dengan cepat. Meski begitu, sebagai produk yang terbilang masih baru BCA tetap harus memberikan ‘peluru’, agar Flazz dapat diminati nasabah.

Menurut Evony, setidaknya terdapat tiga kekuatan Flazz yang dapat menggiring nasabah mau beralih ke Flazz, yakni mudah dibeli di seluruh jaringan kantor Cabang BCA dan Stand Penjualan Flazz yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya, juga di merchant penjual Flazz, dapat digunakan di 7000 outlet merchant yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya, dan dapat di Top up di seluruh jaringan penjualan Flazz di atas, juga di merchant-merchant bertanda Flazz Isi Ulang.

Untuk terus meningkatkan animo pengguna dan calon pengguna, BCA secara kontinue menggelar beragam promo menarik dengan menggandeng banyak merchant. Sebut saja program “Dapatkan Bonus Top up 30% untuk pembayaran dengan Flazz”, selama 26 Juni s.d 25 Agustus 2009, Kidzania dengan program “Beli Tiket Anak Gratis Tiket Dewasa”, untuk 6 Juli s/d 5 September 2009 dan Waterboom dengan program “Pay 1 for 2”, s/d 31 Desember 09.

No comments: