Wednesday, August 12, 2009

Geely Siap Turun Gunung


Selain PT Foton Mobilindo (Grup Modern) dan PT Indobuana Auto Raya (Indomobil Niaga Internasional) yang sudah lebih dulu bertarung, satu ATPM mobil China lainnya dalam waktu dekat akan segera meramaikan persaingan, yaitu PT Geely Mobil Indonesia.
Tidak tanggung-tanggung PT Geely Mobil Indonesia siap merakit dan memasarkan dua model Geely di sini. Kedua model itu adalah sedan menengah CK dan sedan hatchback MK. “Keduanya akan berkapasitas 1.500 cc,” kata Presiden Direktur PT Geely Mobil Indonesia (GMI) Ahmad Budi Pramono.

Geely akan meluncurkan kedua produknya pada Oktober mendatang. Rencananya mereka akan memasarkan sekitar 400 unit untuk kedua model tersebut. “Ini untuk target hingga akhir 2009. Dan kami akan menjualnya di bawah Rp 150 juta,” tukasnya.
Seperti diketahui, Geely bersama Cherry adalah pemain otomotif papan atas di China. Geely Automobile Holdings Ltd, adalah pabrikan yang fokus pada produksi mobil kompak murah, berhasil meraih kenaikan laba hingga dua kali lipat sejak 2007, ditopang oleh tingginya permintaan terhadap versi facelift Free Cruiser.

Tahun lalu, Geely meluncurkan model baru jenis hatchback (mobil lima pintu) kompak KingKong dan model sport China Dragon yang berbasis pada model Beauty Leopard berkapasitas mesin 1.800 cc. Geely juga menambah varian mobil berkapasitas mesin 1.000 cc yang diberi nama merek Panda untuk pasar lokal.

Untuk mempertahankan pertumbuhan, Geely menyiapkan sedan CK yang diproduksi di panrik mereka di Ningbo, Cina. Dari segi performa, sedan ini dilengkapi ABS dan EBD.
Pada bagian kabinnya, nuansa sedan CK terliahat tampil lebih rapi dan Dasbornya juga terlihat lebih halus.

Duduk dalam kabin CK, jok berlapis bahan fabric terbilang empuk. CK ini juga sudah dilengkapi dengan tilt steering sehingga memudahkan pengaturan kemudi. Pilihan warna krem dan abu-abu terlihat elegan. Plus di padu head unit single CD.

Versi manual, CK memakai mesin berdesain dasar Toyota Soluna yang dikembangkan oleh Geely sendiri dan dipadu girboks 5 percepatan. Suspensi depan yang dilengkapi MacPherson dan belakang hybrid link terbilang mumpuni melewati berbagai variasi jalan. Mulai jalan berlubang, paving block, hingga jalanan tak rata.

Untuk versi matiknya, girbok matik 4 speed, tak ubahnya mobil-mobil matik lain. Perpindahan antar tingkat percepatan sudah terasa halus.

Di Cina, CK dijual dalam dua versi: 1.300 cc dan 1.500 cc. Untuk Indonesia, tampaknya hanya versi 1.500 cc yang masuk. Meski bukan tak mungkin, kelas tanggung (1.300 cc) akan dimasukkan. Nama CK, mengisyaratkan kalau sedan ini hasil rancang bangun antara Cina dan Korea. Apakah CK dapat bersaing dengan sedan-sedan Jepang dan Korea? Ataukah Geely hanya sekedar membuat 'geli' industri otomotif nasional? Kita tunggu saja Oktober nanti.

No comments: