Tuesday, August 18, 2009

Adebayor, Manchester City dan Ekspansi Etihad


Liga Inggris untuk musim kompetisi 2009/2010 baru saja dimulai. Khusus buat Emanuel Adebayor, inilah musim pertama ia berkostum Manchester City, setelah beberapa musim sebelumnya membela Arsenal. Bagusnya, City berhasil melewati ujian pertama untuk membuktikan mereka layak diperhitungkan sebagai calon penghuni tahta The Big Four Liga Primer Inggris, setelah mengalahkan Blackburn Rovers (16/8). Gol yang dilesakkan Adebayor dan Stephen Ireland memastikan kemenangan untuk City dengan dua gol tanpa balas.

Usai pertandingan, Adebayor menyatakan senang bisa memulai pengalaman barunya, dengan The Sky Blues dengan gaya yang menjanjikan. “Pertandingan yang fantastis bagi saya dan tim. Sekarang penting bagi kami untuk mempertahankan apa yang kami lakukan hari ini dan menunjukkan karakter yang sama. Saya berada di skuad yang bagus dan ingin melakukan sesuatu yang bagus dengan tim ini,” kata Adebayor.

Menurut Adebayor, ini awal yang bagus saat meraih kemenangan di awal musim, dan kemenangan itu memberikan kepercayaan diri bagi Man City untuk menjalani laga kandang untuk pertama kalinya. “Banyak sekali kerja keras yang dilakukan tim dan saya percaya kami bisa berjuang bersama dan menuai gelar,” tegas striker asal Togo ini.

Tekad Adebayor tampaknya sejalan dengan manjemen Abu Dhabi United Group (AUG) yang membeli City pada September lalu, dan menjadikannya sebagai klub terkaya di dunia. Perombakan besar-besaran tak hanya di jajaran pemain, dimana City rela menguras kantung jutaan pound untuk mendatangkan sejumlah pemain bintang, termasuk striker asal Argentina Carlos Tevez. Belakangan, AUG juga merombak penampilan City menjadi lebih fresh, termasuk menggantikan Thomas Cook sebagai sponsor dengan Etihad Airways.

Tidak disebutkan berapa jumlah nilai kontrak antara City dan Etihad, namun dengan durasi hingga tiga musim ke depan, City memberikan hak ekslusif kepada Etihad berupa logo yang terpampang di kostum biru langit The Citizens, logo di Stadion City of Manchester, website klub tersebut (www.mcfc.co.uk), buku informasi pertandingan dan aneka cinderamata klub.

Bagi Etihad, kesepakatan dengan The Citizen menandakan laju ekpansi yang semakin cepat dari maskapai yang berbasis di Abu Dhabi, UEA ini. Sebelumnya mulai musim 2008, Etihad mensponsori tim Ferrari F1 Grand Prix Formula 1. Dengan jumlah pemirsa TV yang mencapai 400 juta orang di 200 negara, Etihad tentu mendapat keuntungan, berupa publikasi yang luas ke seluruh dunia.

Keterlibatan Etihad dengan Ferrari dan City, melengkapi kegiatan pensponsoran terkini pada olahraga kelas dunia. Sebelumnya maskapai yang diposisikan sebagai versi kecil dari Emirates Air ini, sudah menjalin kerjasama dengan Chelsea, klub rugbi Harlequin, kejuaraan golf di Abu Dhabi, All Ireland Senior Hurling Championships, dan Stadion Etihad di Melbourne untuk kejuaraan Rugbi Australia. Dengan semakin ’mendunianya’ Etihad, bukan tidak mungkin maskpai ini dapat menyodok ke urutan teratas merek-merek top dunia.

Kalau Etihad semakin eskpansif, kira-kira kapan maskapai Indonesia bisa menjadi sponsor olahraga papan atas?

No comments: