Friday, September 4, 2009

Potensi Besar Mobile Wallet


Suatu hari mungkin pernah terlintas dibenak Anda kemudahan dalam bertransaksi. Membayar apa pun dari tiket bus sampai membeli botol air mineral tanpa harus mengeluarkan dompet. Lebih jauh, saat lupa membawa kartu akses (staf pass), Anda tidak perlu khawatir karena tetap dapat masuk gedung perkantoran. Saat pulang ke rumah, Anda pun tak perlu lagi membuka pintu dengan kunci konvensional. Cukup gunakan dompet elektronik, semua aktifitas tadi dapat dilakukan. Menyenangkan bukan?

Nah, hebatnya impian tadi kini bukan khayalan dengan semakin maraknya layanan mobile wallet. Berbagai negara seperti Jepang, Korea Selatan, Inggris, AS, Singapura, Malaysia, bahkan Afrika Selatan menjadi contoh sukses aplikasi ponsel masa depan ini.

Tingginya popularitas mobile wallet memang dipicu oleh berbagai fungsi dan kemudahan yang ditawarkan. Tidak seperti aplikasi mobile commerce yang lebih duluan nongol namun kurang populer, mobile wallet memiliki fungsi yang lebih beraneka ragam. Ia tidak sekedar menawarkan fungsi pembayaran, namun juga beragam fungsi lain seperti kartu kredit, loyalty card, travel card, bahkan membership card. Selain itu mobile wallet juga dapat dijejali beragam informasi atau data-data penting si pemilik, seperti passport, informasi kartu kredit, PIN code, online shopping account, booking details, hingga polis asuransi yang telah dilindungi dengan kode atau password tertentu.

Alhasil, dengan seabreg fungsi itu menjadikan beragam aktifitas menjadi lebih menyenangkan dan efisien. Pemilik tak perlu lagi membawa banyak data atau dokumen yang bikin ribet. Sekaligus mengurangi berbagai resiko yang tidak diinginkan.

Lewat mobile wallet, pengguna hanya perlu menenteng ponsel untuk melakukan pembayaran di merchant-merchant yang telah menjalin kerjasama pembayaran dengan mobile wallet. Dan untuk melakukan hal itu, Anda hanya perlu meng up-load uang digital (digital cash) dari kartu kredit ke ponsel, dan menggeseknya pada counter pembayaran.

Anda juga bisa menggsek ponsel pada mesin tiket saat ingin berpergian dengan kereta api, atau menjadikan kartu passport saat ingin login di kios internet. Data yang tersimpan pun dapat diubah tanpa harus perlu kontak fisik, sehingga memudahkan para pengguna bertukar data jika mereka menggunakan aplikasi mobile wallet yang sama. Misalnya, saat melakukan transfer antar bank. Sejauh ini terdapat beberapa model teknologi yang mendukung aplikasi mobile wallet, seperti Near Field Communication (NFC), Radio Frequency (RFID), Bar Code dan Visual Recognizition.

No comments: