Sunday, September 6, 2009

Potensi Besar Mobile Wallet (2)


Layanan mobile wallet memang semakin mewabah. Di kawasan Amerika Utara saja, menurut laporan lembaga survey terkemuka InStat, populasi pengguna layanan ini diperkirakan mencapai 40 juta ponsel Di Korea Selatan, SK Telecom memulai layanan ini dengan julukan Moneta. Layanan ini mengintegrasikan aplikasi mobile payment dengan mobile banking. “Di masa yang akan datang layanan mobile wallet tidak akan terpisahkan dengan mobile banking”, ujar Shin-Bae Kim, Eksekutif SK Telecom.

Sementara di Philipina, popularitas mobile wallet langsung meroket karena aplikasi G-Cash yang memungkinkan pengguna ponsel mengirimkan uang cukup melalui SMS dari ponsel ke ponsel. Layanan yang diperkenalkan oleh Globe Telecom (GT) itu, membuat transaksi juga menjadi mudah karena pengguna dapat membeli barang atau jasa yang diinginkan, bahkan aplikasi pinjaman. Sanga wajar jika inovasi GT atas G-Cash, menyabet penghargaan pada ajang GSM Association Award 2005 di Cannes, Perancis.

Bagaimana dengan Jepang? Sebagai negara pertama yang memperkenalkan mobile wallet pada 16 Juni 2004, pertumbuhannya sudah semakin menggila. Diperkirakan terdapat lebih dari 70 juta pengguna layanan ini di seantero Jepang pada 2010. Yang menarik, berbagai layanan pendukungnya juga semakin atraktif dan massif. Seperti fasilitas cash register yang dapat mengenali setiap transaksi. Juga penggunaan finger print scanning untuk melindungi penguna dari resiko pemakain di luar izin pemilik. Diluncurkan layanan HSDPA, dipastikan akan semakin mendorong popularitas mobile wallet di berbagai belahan dunia.

No comments: