Tuesday, June 30, 2009

Belanja Sekarang Juga!




Ada yang tak biasa di kawasan Cibubur pada akhir pekan lalu. Ribuan orang memadati Cibubur Juntion (CJ). Meski harus antre hingga dini hari, pengunjung tetap bersemangat untuk shooping. Apa pasal? Rupanya pusat perbelanjaan milik Grup Lippo itu menggelar program midnight sale. Lewat program itu, CJ meminta para tenant untuk mendiskon produk-produk yang mereka jajakan, hingga 80%.

Beragam produk dari fashion, akesoris, hingga elektronik dijual sangat terjangkau. Kondisi ini jelas memunculkan ephoria konsumen, yang umumnya sangat bernafsu shopping, apalagi bila ada program promosi khusus. Tak peduli, meski waktu promo digelar tengah malam.

Kondisi nyaris serupa juga terjadi pada saat grand opening gerai Electroic Solution (ES) di Pejaten Village kamis pekan lalu. Lewat berbagai program menarik, seperti time sale dan hot sale, bermacam produk elektronik dari kulkas, mesin cuci, vaccum cleaner, gadget hingga TV LCD dilego dengan harga super miring. Kemudahan transaksi dengan kartu kredit, plus diskon tambahan yang hanya berlaku pada hari itu, juga semakin memacu konsumen untuk segera berbelanja. Alhasil, hingga sore hari, ratusan orang masih memadati gerai ES di pusat perbelanjaan itu.

Sebelumnya fenomena sejenis juga sudah kita saksikan, saat sepatu gaul Crox, dilego dengan harga terjangkau pada event end of seasons yang digelar pusat perbelanjaan Senayan City, April lalu. Saat itu ratusan orang yang datang dari berbagai penjuru membentuk antrian panjang. Dibenak mereka hanya satu, bagaimana bisa secepatnya membawa pulang sepatu Crox yang terkenal dengan desain yang unik, warna-warna yang berani namun enak dipakai, pada hari itu juga! Tak mengapa capai antri, karena dijamin besok tak ada lagi promosi sejenis.

Hari itu juga! Rupanya menjadi salah satu mantra tambahan dalam industri retail selain murah, iming-iming produk berkualitas, diskon tambahan atau hadiah langsung yang selama ini kita kenal. Trik ini jelas bertujuan agar konsumen tidak sekedar cuci mata, namun mau mengeluarkan isi dompet saat itu juga.

Nah, pada kasus ES, CJ, atau sepatu Crox, nafsu berbelanja atau shopalholic konsumen, mampu dipompa sedemikian rupa sehingga mereka tidak mau melepaskan kesempatan untuk mengejar barang yang diincar. Meski harus datang dari jauh sekali pun.

Pengalaman ketiganya juga sekaligus menjawab pertanyaan penting yang selama ini sering mengemuka. Yakni, sering kali orang atau perusahaan sudah mampu memberikan penawaran yang begitu menarik, namun terkadang tidak tahu bagaimana caranya agar calon konsumen yang datang mau membeli saat itu juga. Karena jika seseorang tidak membeli saat itu juga, ada kemungkinan mereka akan menunda- nunda dan akhirnya tidak membeli. Malah bisa jadi ia akan membeli produk kompetitor.

Pemberian batas waktu pembelian merupakan salah satu cara supaya orang mau memutuskan pembelian dengan lebih cepat. Tambahan benefit yang lebih besar juga akan semakin mendorong konsumen mau merogoh kocek atau menggesek kartu kreditnya. Nah, sudahkah Anda menerapkan trik sederhana ini?

No comments: