Monday, September 6, 2010

Twitter Pun Mengejar Facebook


Kepopuleran Facebook sebagai situs jejaring sosial nomor wahid memang tak terbantahkan. Namun, laksana sprinter, Twitter pun terus mengejar. Laporan terbaru menyebutkan, pengguna Twitter yang berasal dari ponsel mengalami peningkatan sebanyak 60 persen sejak April lalu. Ini bertepatan saat Twitter memperkenalkan aplikasi Twitter for iPhone.

Menurut salah satu pendiri dan CEO Twitter Ec Williams, bahwa hingga saat ini layanan mikroblogging besutannya telah terdaftar 145 juta pengguna dan hampir mengalami kenaikan sebesar 40 persen sejak empat bulan yang lalu.

Dari 145 juta pengguna Twitter, Williams mengatakan bahwa 16 persen dari semua pengguna baru mulai menggunakan layanan tersebut melalui perangkat mobile. Hampir setengah dari semua pengguna mengakses layanan melalui perangkat mobile secara teratur.

"Keputusan untuk mengembangkan dan atau membeli klien resmi Twitter memainkan peran besar dalam pertumbuhan ini," terangnya dalam postingan blog, yang dikutip Gigaom, Jumat (3/9/2010).

Yang menarik adalah bahwa berdasarkan statistik yang diberikan oleh pendiri Twitter dalam posting-nya, pengunjung situs Twitter.com hampir sama banyak dengan pengguna mobile seperti iPhone atau BlackBerry apabila disatukan.

"Hal ini wajar menginggat pengguna baru ingin merasakan nuanasa Twitter pertama kali melalui situs, setelah itu baru menyesuaikan aplikasi dengan kebutuhannya," tandas Williams.

Twitter mengklaim pengguna mikroblogging tersebut kini telah mencapai 145 juta. Angka tersebut hanya pengguna Twitter desktop. Pengguna Twitter mobile diperkirakan lebih besar lagi.

Selain memberitahukan kenaikan jumlah pelanggan, William juga memberikan daftar 10 aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para pengguna Twitter dalam kurun 30 hari terakhir.

Menurut William, sekira 78 persen pengguna Twitter mengakses Twitter.com, 14 persennya menggunakan m.twitter.com, hanya delapan persen yang menggunakan SMS, delapan persen lainnya menggunakan Twitter untuk iPhone dan hanya tujuh persen yang menggunakan Twitter untuk Blackberry.

Aplikasi lainnya yang masuk daftar 10 aplikasi Twitter adalah Twitpic untuk meng-upload foto, TweetDeck, Echofon, Google Friend Connect dan UberTwitter.

No comments: