Friday, September 24, 2010

Mini Cooper, Trully Sporty Car


Varian convertible memang selalu penuh pesona. Namun melihat tongkrongan New Mini Cooper Convertible 2011, serasa hati ingin langsung berada dibalik kemudi. Mini Cooper memang merupakan mobil impian bagi mereka yang berjiwa muda.

Masih ingat peran yang dimainkan oleh aktris cantik asal Afrika Selatan, Charlize Theron dalam film The Italian Job? Bersama bintang Hollywood Mark Whalberg, Charlize begitu piawai mengemudikan Mini Cooper. Tiga mobil Mini Cooper dengan warna mencolok, terlibat adegan kejar-kejaran menjelang ending film, pastinya memberikan kesan yang mendalam, terutama bagi mereka yang memang memimpikan berada dibalik kemudi mobil itu. Tidak salah, berkat film tentang pencurian emas batangan yang diproduksi 8 tahun lalu itu, popularitas Mini Cooper semakin terkerek, baik di Eropa maupun Amerika Utara.

Di Inggris tempat asal muasal mobil ini, tingginya penjualan dua varian S Hatch dan Mini One, menjadikannya Mini Cooper meraih predikat “UK The Best Selling Convertible 2005”. Akibat lonjakan permintaan, baik untuk pasar Inggris Raya maupun diluar negara itu, membuat pabrik mereka di Oxford harus menggenjot produksi hingga 200 ribu unit setiap tahunnya.

Diluar Inggris, demam Mini Cooper juga sama denyutnya. Salah satu tonggak paling bersejarah adalah, terpilihnya Mini Cooper sebagai 2003 "North American Car of the Year" menggesar dua kandidat lainnya Nissan 350Z dan Infiniti G35.Sejak 2004, Mini Cooper merupakan pabrikan mobil kelima terbesar di AS, Italia dan Jerman. Kini lebih dari 70 negara merupakan pasar bagi Mini Cooper dengan peningkatan penjualan yang signifikan. Hebatnya, sebanyak 10 ribu hingga 20 ribu unit, terjual secara pre-sold, mengalahkan Honda Civic dan Toyota Echo, dua sedan compact yang selama ini merupakan raja pre-sold.

Untuk meneruskan dahaga, kini penggemar Mini Cooper, tak perlu lagi menunggu untuk bisa memiiliki varian terbaru The New Mini Cooper S, yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada awal Januari 2010. Sesuai jadwal, varian tersebut memang sudah bisa dipesan mulai September ini. Sementara bagi penyuka model SD yang merupakan Cooper S dengan mesin diesel, sedikit bersabar karena model ini baru akan di luncurkan pada tahun 2011.

Di Jakarta sendiri, Mini Cooper memang belum banyak yang lalu lalang. Saya sendiri baru beberapa kali menemukan mobil keren ini melintas lincah, ditengah padatnya lalu lintas. Namun percayalah, pemiliknya adalah orang yang berjiwa sporty sekaligus berani tampil beda.

Data dan Fakta
● Mini Cooper pertama kali di produksi di Inggris pada 1958 sebagai mobil murah, saat negeri itu dilanda depresi ekonomi
● Sejak diambil alih oleh BMW pada 2002, penjualan berbagai varian Mini Cooper meluas hingga 70 negara.
● Sejak beberapa tahun terakhir, sebanyak 20.000 hingga 40.000 unit Mini Cooper adalah penjualan dengan sistem pre-sold.
● Melonjaknya permintaan menyebabkan pabrik Mini Cooper di Oxford, Inggris, harus bekerja keras memenuhi pesanan rata-rata 200 ribu unit per tahun

No comments: