Friday, February 5, 2010

Susi Air Siap Kembangkan Sayap


Seiring dengan membaiknya iklim penerbangan domestik, para pemain di industri ini pun mulai mengepakkan sayap. Salah satunya adalah Susi Air.

PT ASI Pudjiastuti Aviation atau Susi Air mendatangkan lima pesawat baling-baling baru tipe Cessna C208B Caravan pada Februari 2010 ini. Susi Air memesan langsung pesawat tersebut dari Cessna Aircraft Company, yang bermarkas di Wichita, Kansas.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Herry Bakti S Gumay mengaku memperoleh kepastian perusahaan keluarga tersebut membeli lima pesawat baru pada saat ajang Singapore International Airshow 2010 yang berlangsung pekan lalu. "Susi Air sudah serah kunci lima pesawat. Dua sudah dikirimkan minggu ini, minggu depan dikirimkan tiga lagi," kata Herry, Jum'at (5/2).

Namun, belum diperoleh konfirmasi dari Susi Pudjiastuti, CEO Susi Air perihal nilai investasi yang mesti mereka keluarkan untuk mendatangkan pesawat-pesawat tersebut. Termasuk rute-rute yang akan dilayani pesawat baru itu. Namun, dari penelusuran KONTAN menemukan, harga Cessna C208B Grand Caravan dilego US$ 2,6 juta per unit.
Saat ini, Susi Air sudah memiliki 13 pesawat tipe tersebut dengan tahun pembuatan 2004 sampai 2009. Pesawat berbadan kecil yang berkapasitas 12 orang penumpang itu digunakan Susi Air untuk melayani rute-rute seperti Jakarta-Cilacap dan Jakarta-Pangandaran.

No comments: