Wednesday, February 3, 2010

Honda Genjot Penjualan hingga 47.000 Unit


Pasar mobil nasional pada 2010, diprediksi akan semakin membaik. Diperkirakan sebanyak 500 ribu unit mobil terjual pada tahun ini, seiring dengan membaiknya suku bunga pinjaman yang akan membuat konsumen tidak menunda lagi pembelian.

Tentu saja kondisi itu dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh ATPM yang sudah mempersiapkan produk baru mereka untuk menggempur pasar. Setelah Januari lalu, Daihatsu meluncurkan Terios Matik dan Mazda memperkenalkan Mazda 2, Honda Prospect Motor (HPM) juga mempersiapkan jagoannya. Tak tanggung-tanggung, HPM akan melempar dua varian andalannya,yakni Odyssey dan CRV 2010.

"Kami akan membuka empat dealer baru di Indonesia dan menyiapkan CR-V serta Odyssey baru tahun ini," ujar Marketing and After Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandy, di sela Warta Citra Adiwahana (WCA) 2010, Rabu (3/2), di Jakarta.

CR-V facelift ini lebih hijau dan lebih bertenaga berkat mesin 2.2L. Dapur pacu CR-V facelift ini mengusung mesin i-DTEC yang saat ini juga dimiliki oleh beberapa varian Accord. Mobil ini mampu mencapai tenaga maksimum 148 hp, yang berarti naik 10 hp dari versi sebelumnya.

SUV ini juga mampu menghasilkan torsi maksimum menjadi 350 Nm. Selain itu pilihan transmisi automatic juga tersedia pada CR-V facelift ini. CR-V ini memiliki desain bumper depan dan belakang yang lebih gagah, desain front grille yang baru, dan pilihan velg yang bervariasi. Pilihan velg tersedia dalam ukuran 17 dan 18 inci.

Sementara itu, generasi keempat Honda Odyssey ini didesain dengan pusat gravitasi yang lebih rendah sehingga dipercaya dapat memberikan kestabilan tinggi dan handling yang lebih mantap, tanpa melupakan tipikal sebuah minivan mewah yang bercirikan memiliki kabin luas.

Coba lihat desain eksteriornya yang begitu indah. Setiap garis dan lekukan menciptakan kesan dinamis yang merefleksikan kemapanan sebuah MPV premium.

Grille depan yang dibuat V dengan sentuhan chrome terlihat mewah dan elegan. Begitu pun tampilan belakang sangat modern dan gagah. Sementara panel instrumennya dibuat lebih berkelas dan mudah dioperasikan.

Lampu speedometer dibuat lebih atraktif dengan warna menarik dan bergaya tiga dimensi. New Odyssey juga dilengkapi Honda dengan teknologi keselamatan terkini termasuk Multi-view Camera System, Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Collision Mitigation Brake System (CMBS).

HPM menargetkan penjualan tahun 2010 sebanyak 47.000 unit. Tahun 2009 lalu HPM mencapai angka penjualan 40.674, dimana 39.570 unit untuk pasar domestik dan 1.104 unit Honda Freed untuk pasar ekspor.

Peluncuran New Odyssey dan CR-V 2010, sepertinya menepis persoalan yang kini membelit HPM. Seperti diketahui, Honda bersama Toyota harus menarik mobil mereka dipasaran karena persoalan keamanan. Akhir pekan lalu, Honda Motor, Co., Ltd. (HMC) mengumumkan program recall alias penarikan untuk perbaikan terhadap Honda Jazz di beberapa negara. HMC menjelaskan, recall tersebut dilakukan lantaran komponen power window master switch terkena air dalam jumlah yang banyak dan waktu yang lama. Hal ini memungkinkan terjadi hubungan listrik arus pendek.

Hubungan listrik arus pendek di dalam komponen tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada power window atau membuat komponen tersebut meleleh dan mengeluarkan asap. Karena cacat ini, per 29 Januari 2010, sejumlah 19 kasus telah dilaporkan di Irlandia, Amerika Serikat, Inggris, dan Afrika Selatan.

Cacat power window ini terjadi pada kendaraan Honda Jazz maupunFit produksi tahun 2002 sampai dengan 2008 yang menggunakan power window master switch yang diproduksi OMRON.

Namun HPM menegaskan, tidak ada Jazz yang beredar di Indonesia yang memiliki cacat power window seperti di sejumlah negara tersebut. Pasalnya, Jazz yang diproduksi di Indonesia menggunakan komponen power window master switch yang diproduksi oleh Toyo Denso, yang memiliki desain yang berbeda dengan produksi OMRON.

Selain Indonesia, beberapa negara seperti Jepang, Thailand dan Australia juga dipastikan tidak melakukan recall untuk produk Honda Jazz di negaranya.
Namun, HPM justru me-recall Honda City meski tidak ada satupun kasus yang dilaporkan sehubungan dengan komponen power window main switch yang terjadi pada Honda City di seluruh dunia. Namun, sebanyak 3.240 unit Honda City tahun pembelian 2007 sampai dengan 2008 terindentifikasi menggunakan power window master switch yang diproduksi OMRON.

“Konsumen yang mobilnya teridentifikasi tidak perlu kuatir dan dapat tetap menggunakan mobilnya seperti biasa. Pelanggan dapat datang ke bengkel resmi Honda atau kami hubungi untuk melakukan perbaikan secara cuma-cuma dengan menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan yang sah,” beber Jonfis Fandy Marketing & Aftersales Service Director PT HPM.

HPM mulai me-menggelindingkan program recall mulai 1 Maret 2010 sampai 30 September 2010. HPM meminta pemilik Honda City maupun All New Honda City menghubungi bengkel resmi Honda terdekat atau Customer Care bebas pulsa Honda di 0-800-11-22-789 dari Senin-Jumat dari jam 09.00 – 19.00 WIB, dan hari Sabtu dari jam 09.00 – 14.00 WIB.

“Program penarikan untuk perbaikan terhadap Honda City merupakan kewajiban produsen untuk memastikan bahwa produk kami yang ada di tangan pelanggan selalu berada dalam kondisi yang sesuai dengan standar mutu yang diinginkan produsen,” kata Yukihiro Aoshima, President Director PT HPM, awal pekan ini.

No comments: