Thursday, February 25, 2010

Coca Cola Berencana Beli Pabrik Pembotolan Di Amerika Utara


Produsen minuman bersoda terbesar di dunia, Coca Cola co tengah dalam pembicaraan untuk membeli pabrik pembotolan di Amerika Utara, Coca Cola Enterprises Inc. Konon, nilai pembelian pabrik tersebut mencapai US$ 15 miliar termasuk pembalian utang.

Menurut sumber yang enggan disebutkan dengan alasan negosiasi tersebut bersifat tertutup, kesepakatan jual beli kemungkinan akan berlangsung dalam beberapa hari atau bisa saja batal.

Selain membahas pembelian pabrik pembotolan itu, dalam pembicaraan juga dibahas tentang keinginan Coca Cola menjual pabrik pembotolan di Skandinavia dan Jerman kepada Coca Cola enterprises. "Ini adalah pabrik pembotolan mereka yang terbesar," kata sumber tersebut seperti dikutip dari Bloomberg.

Coca cola sepertinya mengikuti jejak pesaingnya PepsiCo Inc yang memasukkan pabrik pembotolannya ke dalam induk perusahaan. Kedua perusahaan tersebut mencoba untuk meraih kembali pasar minuman ringan di Amerika. Setelah sejak 2005 lalu, penjualan minuman ringan terus merosot.

Sachin Shah, pengamat Capstone Global Markets LLC di New York menilai langkah Coca Cola tersebut takkan mendongkrak pertumbuhan perusahaan tersebut secara siginifikan. "Memang pembelian pabrik pembotolan akan mensinergikan usaha dan menghemat biaya," ujarnya.

No comments: