Wednesday, October 6, 2010

Serunya Pertarungan OS Smartphone


Pamor android semakin mencorong sebagai sistem operasi yang mampu memberikan “warna baru” dalam jajaran ponsel pintar dunia. Untuk mengimbanginya, Apple membesut OS4 atau “iOS4 yang memiliki 100 fitur baru. Sementara itu, Nokia masih tetap ‘setia’ melenggang dengan Symbian dan berupaya mengembangkan sistem operasi andalannya tersebut untuk mencapai titik kesempurnaan. Siapa lebih unggul?

Sistem operasi iOS 4 dapat digunakan pada gadget iPhone, iPad dan iPod Touch. Sistem operasi terbaru ini menjanjikan beberapa perbaikan dibandingkan sistem operasi sebelumnya (iPhone OS 3.1). Pengguna iPhone 3GS bisa meng-upgrade smartphone-nya dengan iOS4, sehingga tidak perlu membeli iPhone 4.

iOS 4 menghadirkan 100 fitur baru termasuk multitasking, folder, inbox terpadu, support Enterprise mendalam, dan sebuah iPhone versi iBook reader serta online iBookstore, digital zoom, VoIP service, wireless keyboard support dan sebagainya. Multitasking pada iOS 4 menawarkan pengguna cara baru untuk berpindah antar applikasi secara cepat. Sedangkan folder berguna untuk memudahkan aplikasi dikelola, mengelompokkannya pada satu folder. Satu folder bisa memuat 12 aplikasi.

Untuk kebutuhan perusahaan, iOS 4 memperbaiki fitur keamanan, skalabilitas dan penyesuaiannya dengan menyediakan layanan Mobile Device Management.
Inilah yang menjadi keunggulan iOS 4 hingga disebut-sebut sebagai OS masa depan bagi smartphone lainnya.

Lain iOS 4, lain pula Android. OS besutan Google ini telah dikembangkan ke tingkat yang lebih tinggi dengan nama Android Froyo 2.2 belum lama ini. Froyo memiliki kecepatan browser dan aplikasi lebih cepat 2-5 kali lipat dibanding iPhone. Fitur Cloud Messaging-nya berfungsi untuk membantu pengguna menyelesaikan sesuatu yang belum sempat selesai dikerjakan PC.

Kelebihan lainnya, android yang ditanamkan pada ponsel pintar ini dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi hotspot. Selain itu, Froyo juga didukung program flash untuk memutar video. Tidak seperti sistem operasi pada smartphone pada umumnya, semisal BlackBerry dari RIM dan iPhone dari Apple yang tak dapat digabungkan dengan aplikasi selain yang berasal dari vendornya, Froyo justru dapat dipadukan dengan aplikasi lainnya seperti Microsoft Exchange.

Penyempurnaan Symbian
Kepopuleran Android sebagai sistem operasi masa depan, tidak serta merta mengubah haluan Nokia untuk bergeser mengadopsi platform yang satu ini. Pasalnya, berdasarkan data Gartner pada Januari 2010, ternyata Symbian masih menguasai pasar OS smartphone sebanyak 44,6% ditengah gempuran BalckBerry dan iPhone.

Selain itu, sejak dulu semua investasi untuk OS mobile Nokia mengarah ke Symbian dan pengembangannya pun telah berjalan selama 12 tahun. Banyak infrastruktur yang telah berjalan dalam kurun waktu tersebut. Bahkan, Nokia mengklaim bila Symbian masih merupakan platform terbaik di kelas smartphone saat ini.

Untuk itu, vendor asal Finlandia itu tengah menyempurnakan OS Symbian^3 dan diakuinya sebagai hasil kerja keras selama ini. Tidak hanya Symbian^3, Nokia juga bakal menggunakan S40 dan MeeGo sebagai OS mobile masa depan untuk jajaran ponsel Nokia.

S40 diposisikan untuk ponsel-ponsel mass market Nokia seperti C3. Sementara Symbian^3 dan MeeGo dipercaya untuk ponsel pintar kelas menengah dan perangkat internet mobile Nokia. Symbian^3 menjanjikan penggunaan yang lebih mudah, dukungan jaringan yang lebih kencang, dan akselerasi grafis 2D serta 3D untuk bermain games dan aplikasi lain. Keunggulan lainnya adalah HDMI support, layar lebih lega, dukungan ke jaringan 4G serta lebih efisien mengelola memori.

Sementara itu, MeeGo merupakan versi hybrid dari sistem operasi Nokia Maemo dan Intel yang nyaman digunakan untuk beragam avatar, bahkan untuk sistem operasi di PC desktop, OS di smartphone dan di tablet PC. Platform ini akan digunakan sebagai ‘urat nadi’ smartphone di masa mendatang dan bisa digunakan pula di netbook. MeeGo juga akan digunakan sebagai open source, berbasis Linux dan men-support arsitektur ARM dan processor Intel Atom.

Kemunculan sistem operasi Android Froyo dari Gogle, diikuti iOS 4 dari Apple dan versi terbaru Symbian menandakan pertarungan sesungguhnya telah dimulai. Alhasil, kompetisi di pasar smartphone bakal semakin sengit, saling salip menunjukkan siapa yang terbaik.

No comments: