Thursday, November 18, 2010

Tablet, The New Rising Star!


Cepatnya perkembangan teknologi, berdampak terhadap pendeknya siklus sebuah produk. Tengok saja, netbook. Spesies ini, pertama kali hadir di akhir 2007. Krisis global yang dipicu oleh kehancuran industri properti di AS, membuat prefensi konsumen berubah. Banyak yang awalnya adalah snob costumer tiba-tiba menjadi smart spender, termasuk dalam urusan gadget. Dengan budget yang terbatas, pilihan terhadap notebook misalnya tentu tak sesuai kantung. Apalagi jika aktifitas cuma sebatas browsing atau up date status di jejaring sosial. Produsen pun dengan jeli menangkap peluang, sehingga netbook yang sebelumnya hanya diposisikan sebagai gadget alternatif, malah jadi fenomena sepanjang 2008 - 2009, menggusur laptop.

Namun era laptop mini, diperkirakan hanya akan seumur jagung. Penyebab apalagi kalau bukan kehadiran tablet. Dipicu oleh meledaknya penjualan iPad diseluruh dunia yang mendorong vendor-vendor lain untuk bertarung di segmen yang sama, lembaga survey pun memprediksi bahwa komputer genggam itu akan merajai pasaran dalam empat tahun ke depan.

Gartner misalnya, memperkirakan penjualan tablet media di seluruh dunia akan mencapai 19,5 juta unit pada 2010, kemudian melonjak 54,8 juta unit pada 2011- naik 181 persen dari tahun 2010, dan melampaui 208 juta unit pada 2014.

Di Indonesia sendiri, sepanjang 2010 kiprah tablet PC dianggap masih sebatas penjajakan. Namun dengan edukasi yang konsisten serta penetrasi produk yang massif dari berbagai vendor serta operator, pada 2011 nanti, iPad dan 'teman-temannya' akan menggila, dan bukan tak mungkin menggilas penjualan netbook.

Bagi Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Suhanda Wijaya, tablet PC masuk dalam kategori mobile internet device (MID).

Di mana pada produk ini, pengguna tak cuma bisa berselancar di internet, mengelola email, dan membereskan pekerjaan kantor. Namun juga bisa dipakai untuk bertelepon ria. Nah, lantaran kemampuannya yang 'kaya', Suhanda optimistis produk MID alias tablet PC akan semakin populer di tengah masyarakat.

"Nanti juga bakal meng-overlap netbook. Tunggu saja di 2011," tukasnya.

Apa dasarnya? Tablet PC sudah mampu mengakomodir kebutuhan dasar pengguna. Mulai dari cek email, internetan, hingga telepon. Jadi lebih efisien, tegas Suhanda.

Hal itupun sudah dibuktikan oleh Samsung ketika melepas perdana tablet PC mereka, Galaxy Tab ke pasaran. Animo masyarakat sampai membuat antrean mengular dan menghabiskan stok barang cuma dalam waktu beberapa jam. "Sekarang dengan harga hampir sama dengan ponsel, kita sudah bisa dapat tablet PC. Itu sudah bisa dipakai telepon, email, internet, dan kerja," tandasnya.

No comments: