Monday, November 8, 2010

Batam, Surga Belanja Warga Singapura


Akhir bulan lalu, saya sempat mengunjungi Batam. Meski tidak memiliki waktu cukup banyak untuk mengeksplorasi kota ini, namun melihat geliat ekonomi yang dipicu oleh sektor jasa dan retail, tak ada yang membantah jika Batam terus berdetak kencang sebagai magnet pertumbuhan Indonesia, khususnya kawasan Kepri.

Memang dengan membaiknya perekonomian dan meningkatnya daya beli, belakangan ini telah banyak kota-kota di Indonesia yang mencoba menjadi kota tujuan wisata belanja. Namun sejauh ini predikat sebagai kota belanja, tetap melekat kuat pada Batam. Apalagi mal atau pusat-pusat perbelanjaan baru terus bermunculan. Sebut saja Lucky Plaza, DC Mall, Centre Point, dan Mega Mall Batam Centre, Nagoya Hill, dan yang belum lama ini buka, Harbour Bay. Banyak sekali outlet di pusat-pusat perbelanjaan itu yang menjual produk-produk international brand, parfum, jam tangan, tas, dan gadget.

Alhasil, Anda pasti tergiur belanja di batam karena selain bisa mendapatkan barang yang jarang dijumpai di pasaran, produk yang dijual juga lebih murah karena bebas bea cukai alias duty free shop.

Nah, selain mampu menarik minat belanja warga lokal yang 'kebelet' dengan barang-barang branded, belakangan ada fenonema menarik di Batam, yakni serbuan warga Singapura. Setiap akhir pekan, ribuan warga negeri tetangga itu menyerbu datang ke Batam. Sebagian datang untuk berwisata, namun lebih banyak lagi yang bertujuan membelanjakan dollarnya untuk memborong barang-barang kebutuhan sehari-hari. Harga yang murah dibandingkan hypermarket sejenis di negerinya, membuat para warga Singapura itu, kini menjadikan Batam sebagai surga produk-produk retail.

Mudah ditebak, tumbuhnya market baru yang didominasi pelanggan dari Singapura ini mendorong retailer kelas kakap memperluas ekspansi ke Batam. Tengok saja langkah PT Carrefour Indonesia. Juli silam, Carrefour resmi mengoperasikan gerai di Harbour Bay. Dan dalam waktu dekat, penguasa terbesar pasar hypermarket ini, akan membuka satu gerai lagi di Kepri Mal Batam.

Kehadiran dua gerai di Batam itu, semakin memperkuat posisi Carrefour terutama di luar Jawa yang tumbuh prospektif. Saat ini Carrefour telah memiliki 83 gerai di 26 kota.

Satria Ahmadi, Manajer Humas Carrefour Indonesia, bilang sebanyak delapan dari gerai tersebut baru beroperasi tahun ini. Rencananya, Carrefour akan menambah lagi lima gerai baru hingga akhir tahun ini.

No comments: