Wednesday, December 15, 2010

Siapa Bisa Tahan (Laju) Pajero Sport?


Kalau ada pemilihan iklan mobil terpanjang selama 2009-2010, bisa jadi pemenangnya adalah Mitsubishi Pajero Sport. Sejak diperkenalkan pertama kali di ajang IIMS, Agustus 2009, SUV berbodi bongsor ini langsung menghiasi layar kaca yang berlangsung hingga kini. Sebelumnya, KTB (Krama Yudha Tiga Berlian), selaku pemegang ATPM, masih mencoba mempopulerkan varian Grandis yang juga sama-sama bertipe SUV. Namun, seiring waktu, popularitas dan tren penjualan, belakangan KTB lebih memilih Pajero Sport sebagai flagship product, sehingga promosinya terus berlangsung konsisten.

Memang wajar jika KTB lebih memprioritaskan Pajero Sport, meski milyaran rupiah terus digelontorkan untuk mengatrol image. Faktanya, sejak kehadiran Pajero Sport, KTB terus membayangi dominasi ATPM lain seperti TAM (Toyota Astra Motor) - Fortuner, HPM (Honda Prospect Motor)- CRV dan NMI (Nissan Motor Indonesia) - X-Trail, yang selama ini merajai pasar di segmen SUV. Bahkan pada penjualan September 2010, dikatagori 4x4 untuk pertama kali Pajero Sport sukses membukukuan penjualan tertinggi, yakni sebanyak 131 unit.

Menariknya, menurut Direktur Pemasaran PT KTB, Rizwan Alamsyah, pihaknya tak menyangka bahwa penjualan Pajero Sport bisa laris hingga kini. "Ajang IIMS 2009, saat pertama kali mobil ini diperkenalkan, sebenarnya lebih bersifat tes pasar", ujarnya.

Untuk mempertahankan momentum penjualan, KTB belum lama ini memperkenalkan varian terbaru, yakni Mitsubishi Pajero Sport 4x2 M/T. Rizwan berharap banyak pada varian ini, terutama dalam meningkatkan pangsa pasar Mitsubishi di segmen SUV.

Kalau sejauh ini Pajero Sport bisa mencuri pangsa pasar sebanyak 19 persen, maka peningkatan hingga 25 persen pangsa pasar optimis bisa dicapai pabrikan berlogo tiga berlian ini dengan versi manual dari Pajero Sport.

Untuk mencapai target pangsa pasar 25 persen tersebut pun, Mitsubishi percaya diri untuk menaikkan target penjualan Pajero Sport, dari hanya 1.000 unit per bulannya, menjadi 1.250 unit per bulan.

"Pasar SUV, terutama yang 4x2 masih sangat besar, sehingga kita optimis untuk mengisinya dengan model andalan Pajero Sport yang kini semakin banyak pilihan tipenya," tegas Rizwan.

Pajero Sport 4x2 ini diperkenalkan pertama kali di Indonesia International Motor Show 2010 lalu.

Banjir Award
Sukses disisi penjualan, rupanya berbanding lurus dengan beragam award yang diterima Pajero Sport. Tak tanggung-tanggung, sepanjang tahun ini lima penghargaan bergengsi berhasil disabet oleh Pajero Sport. Penghargaan terakhir disematkan pada ajang Autobild Award 2010, yang digelar 16 November lalu, dimana mobil ini dianugerahi Best Big SUV 2010. Penghargaan lain untuk mobil yang diklaim sebagai SUV sejati itu, adalah Favorite Medium SUV – Autocar Indonesia Reader’s Choice Award 2010, Rookie of The Year – Otomotif Award 2010, Most Favorite Diesel Car – Car & Tuning Guide Magazine 2010, dan Best SUV Diesel 2010 – ICOTY 2010 – Mobil Motor Magazine.

Rupanya, semua kriteria terbaik dari sebuah kendaraan SUV, yakni handling, mesin dan performa terbaik, pengereman terbaik, serta exterior dan interior yang modis, menjadi nilai tersendiri yang menjadikan Pajero Sport sebagai SUV idaman. Semua itu masih ditambah oleh image yang kuat sebagai mobil tangguh di ajang Rely Dakkar.

Berminat? Siapkan saja dana mulai Rp 359 juta (OTR) untuk varian terendah 2WD GLS.

No comments: