Thursday, July 22, 2010

Gratis SMS Twitter Vs Gratis Facebook Mobile


Hari ini Telkomsel punya gawean besar. Operator terbesar di Indonesia itu, meluncurkan Simpati Freedom yang diproyeksikan dapat menjadi peluru tambahan, guna menggenapi target 100 juta pelanggan yang dipatok pada akhir tahun ini.

Memasuki semester kedua, persaingan "the big three" untuk menggaet pelanggan baru tampak semakin ketat. Telkomsel sendiri, saat ini baru meraih 88 juta pelanggan. Diikuti Indosat yang mengklaim meraih 39,1 juta pelanggan, dan XL di posisi ketiga dengan pencapaian 35 juta. Tadinya XL menargetkan jumlah pelanggan hingga akhir tahun sebesar 35 juta. Namun terget sudah tercapai pada semester I. Sehingga operator yang kini dimiliki Grup Axiata dari Malaysia itu, optimis bisa menggelembungkan costumer base hingga 38 juta pelanggan sepanjang 2010.

Itu sebabnya, melihat agresifitas kompetitor khususnya XL, Telkomsel terus melakukan terobosan. Setelah melakukan beragam program repackaging, memasuki semester II, operator yang kini berusia 15 tahun itu memperkenalkan Simpati Freedom yang digadang-gadang akan menjadi jawaban bagi kebutuhan mobile lifestyle pengguna.

Sesuai dengan namanya, Simpati Freedom yang menggunakan nomor depan 0821, menawarkan nuansa kebebasan yang selama ini sangat dinanti-natikan pengguna ponsel karena keterbatasan pilihan saat menggunakan ponsel untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan interaksi mereka. Seperti gratis paket mingguan SMS Twitter yang akan mendukung kegiatan jejaring sosial dan gratis paket emoticon SMS yang mendukung komunikasi SMS lebih hidup dan fun.

Tidak hanya terbatas dengan paket dan bonus gratis, keistimewaan dalam Simpati Freedom justru terletak pada adanya pilihan tanpa batas dengan hanya menekan satu kode akses *999#. Pelanggan dapat memilih salah satu dari tiga paket yang disediakan sesuai dengan kebutuhan, yaitu paket Internetan Tanpa Batas untuk yang suka internetan, Paket Seharian Tanpa Batas dan Paket Semalaman Tanpa Batas.

Inovasi lain adalah tersedianya gratis paket mingguan Opera Mini dan chat sepuasnya untuk mendukung pengguna yang keranjingan dengan internetan dan chatting. Opera Mini merupakan browser dari ponsel yang sangat populer dan digemari, dan Telkomsel adalah satu-satunya official partner yang telah bekerja sama Opera Mini di Indonesia.

Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno optimis Simpati Freedom adalah jawaban dari kebutuhan pengguna di era tren telco 3.0 sekaligus mendorong pertumbuhan data hingga 10% pada akhir tahun ini. "Adanya simPati Freedom akan Lebih banyak lagi pelanggan yang bergabung dengan telkomsel, sesuai dengan target kami tahun ini 100 juta pelanggan," kata Sarwoto.

Mampukah Simpati Freedom menghadang laju XL yang semakin agresif? Menarik untuk untuk terus diikuti. XL sendiri sepanjang Juli ini, terus menggebrak pasar dengan sejumlah program promo. Seperti XL Pasca Bayar Unlimited dan Gratis Facebook Mobile. Selain itu, operator yang sejak 2006 dikomandani Hasnul Suhaimi, juga meluncurkan program promo khusus layanan data, yakni Paket XL Internet Broadband dan Paket Bundling XL Blackberry Internet Broadband.

Meski 60% revenue masih berasal dari basic service, voice dan SMS, namun pertempuran di wilayah layanan data, tampaknya mulai memanas. Akankah XL dapat segera menyalip Indosat yang terkesan adem ayem?

No comments: