Monday, July 12, 2010

Pertamina Tetap Raja Pelumas


Meski dikepung belasan merek, baik asing maupun lokal, cengkeraman Pertamina di pasar pelumas domestik tak tergoyahkan. Saat ini oli-oli besutan Pertamina, sudah meraih market share sebesar 54 persen atau 400 kiloliter di pasar pemasaran produk pelumas RI. Sementara volume oli di Indonesia sebesar 650 - 700 kiloliter pertahun.

"Saat ini market size oli di Indonesia sebesar 650.000-700.000 kiloliter per tahun. Nah kita menuju 550.000 kiloliter tahun ini," ungkap Vice President Pelumas PT Pertamina (Persero) Supriyanto D.H.

Sejumlah strategi menjadi kunci sukses Pertamina bermain di pasar gemuk ini. Selain harga yang realatif terjangkau dan kualitas mumpuni, produk-produk oli milik Pertamina tersebar di berbagai segmen, baik industri maupun otomotif. Tengok saja brand seperti Fastron, Prima XP, Enduro atau Meditran SX yang merupakan kampiun di masing-masing kelas. Tak hanya itu, distribusi yang merata menjadi bagian dari kelebihan oli Pertamina. Nyaris tak ada titik distribusi yang terlewatkan oli Pertamina, sehingga masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke mudah mendapatkannya.

No comments: