Tuesday, May 18, 2010

Panasonic Optimis Kuasai 10% Market Share Kamera


Membaiknya kondisi perekonomian pada 2010, membuat para agen tunggal pemegang merek (ATPM) optimis penjualan mereka akan melonjak dibandingkan tahun lalu. Tengok saja, PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) yang haqul yakin pada tahun ini bisa menguatkan posisinya di pasar kamera digital.

Merujuk pada Lembaga riset Growth for Knowledge (GfK), permintaan kamera tahun ini bisa mencapai 670.000 unit. Permintaan ini membuat pasar kamera Indonesia sama besarnya dengan pasar kamera di Thailand.

"Kami menargetkan tahun ini kami bisa menguasai pangsa pasar 10% di industri kamera," ujar Wakil Presiden PGI, Rinaldi Sjarif. Target ini naik 2,5 kali lipat dibandingkan dengan realisasi penjualan kamera PGI tahun lalu.

Menurut Rinaldi, sebesar 60% dari kamera Panasonic masih merupakan kamera kompak. Baru sekitar 40% sisanya kamera sistem alias single lens reflex (SLR). Ia optimis target ini bisa tercapai. Karena saat ini kebutuhan gambar digital semakin menjamur ke semua kalangan mulai dari anak remaja hingga orang dewasa. Hal ini terkait dengan tingkat melek masyarakat akan komputer, internet, dan peralatan gadget yang semakin meningkat.

Demi mewujudkan target ini, PGI baru saja meluncurkan empat seri terbaru kamera dan camcorder Lumix. Selain itu, PGI juga menggenjot penjualan lewat pembentukan situs komunitas Lumix Indonesia Fan Page. "Situs ini merupakan pusat informasi Lumix bagi seluruh pelanggan kami," ujar Manajer Produk PGI, Dharma Parayana.

No comments: