Thursday, May 27, 2010

IETV, Revolusi TV Ala Google


Firma riset Strategy Analytics Inc menilai, Google TV akan berbeda daripada televisi-televisi internet yang lain, sekaligus menjadi yang paling unggul, karena Google TV dibangun oleh konsorsium raksasa teknologi, yaitu Google, Sony, Intel,dan Logitech.
"Dengan gabungan kekuatan Google, Sony, Intel, dan Logitech, Google TV tidak akan menjadi televisi internet biasa. Sebab, para raksasa teknologi itu memiliki tekad dan sumber daya yang kuat untuk membangun televisi internet terbaik," ujar Director Digital Media Strategies Service Strategy Analytics Inc Martin Olausson.

Director Multiplay Market Dynamics Service Strategy Analytics Inc Ben Piper bahkan menambahkan, kehadiran Google TV adalah sebuah revolusi. Sebab, Google TV akan mengubah total cara manusia menonton televisi.

"Selama ini, pemirsa harus mengikuti jadwal yang ditentukan stasiun televisi untuk menonton siaran favorit. Tetapi dengan televisi online, terutama Google TV, pemirsa bisa menonton siaran televisi kapan pun sempat," tutur Piper.

Firma riset DisplaySearch Ltd menilai, Google merilis Google TV pada saat yang tepat. Sebab, pada saat ini para produsen televisi memang berlomba menanam konektivitas internet built-in ke dalam pesawat televisi untuk mendongkrak volume penjualan, melalui penawaran fitur baru.

Firma riset iSuppli Corp, mengungkapkan, popularitas televisi berkonektivitas internet di dunia meningkat pesat seiring peningkatan penetrasi jaringan internet berkecepatan tinggi (broadband). iSuppli menyebut televisi berkonektivitas internet sebagai IETV (Internet-Enabled Television).

"IETV memudahkan konsumen melihat tayangan video online. Termasuk video di YouTube. Dengan IETV, pengguna juga bisa menonton video online secara lebih nyaman, daripada di layar komputer atau smartphone yang berukuran lebih kecil," ujar Analyst Television System Research iSuppli Corp Tina Tseng. iSuppli memperkirakan, volume penjualan global IETV akan terus meningkat mulai 2009 hingga 2013.

iSuppli menemukan, volume penjualan global IETV pada 2009 baru mencapai 14,7 juta unit. Namun karena IETV semakin populer, iSuppli yakin volume penjualan global IETV akan melambung menjadi 87,6 juta unit pada 2013.

DisplaySearch menambahkan, popularitas IETV semakin menanjak karena IETV mulai mampu menyajikan fungsi-fungsi internet yang sebelumnya hanya bisa disuguhkan oleh komputer. Misalnya menyajikan konferensi video atau menampilkan halaman berita online.

"Teknologi IETV pada saat ini semakin matang, sebab IETV sudah mampu menyuguhkan sejumlah fungsi komputer. Misalnya konferensi video.Di rumah,konsumen tentu lebih nyaman melakukan konferensi video dengan IETV daripada komputer biasa karena IETV memiliki layar jauh lebih besar," tutur Director TV Electronics Research DisplaySearch Ltd Paul Gray.

No comments: