Thursday, June 24, 2010

Mampukah Galaxy S, Tingkatkan Market Share Samsung?


Raksasa Korea, Samsung Electronics, terus menebar ancaman. Sukses di segmen medium, Samsung kini mengincar kasta lebih tinggi, yakni smartphone. Tak tanggung-tanggung, Samsung menargetkan dapat menggandakan perolehan market share hingga 10% pada kuartal keempat mendatang. Saat ini Samsung hanya menguasai pangsa pasar ponsel pintar itu sebesar 5%.

Lee Donjoo, Senior Vice President Samsung Mobile Communications Division mengatakan, Samsung optimistis meraih pencapaian di atasa 10 persen. Keyakinan Donjoo tersebut cukup beralasan, karena Samsung memiliki senjata terbarunya, yakni ponsel terbaaru Galaxy S.

Menurut catatan Bloomberg, bila Samsung berhasil menguasai lebih dari 10% pangsa pasar, maka vendor asal Korea tersebut akan melampaui produsen ponsel Asia lainnya, HTC corp. Pada tahun 2009, HTC menguasai sekira 7% pangsa pasar, sedangkan urutan teratas masih di dominasi Nokia dengan menguasai sekira 40%, dan Blackberry yang kini menyodok hingga 15%.

Keyakinan Samsung meraih pangsa pasar tersebut dinilai cukup realistis. "Samsung dapat dengan mudah dapat memenuhi target karena kami berhasil mentransfer fitur perangkat keras ke Samsung Galaxy yang cukup kompetitif di pasar," kata Lee Sun Tae analis senior Meritz Securities, Seoul.

Galaxi S telah diluncurkan pada Juni 2010. Di ponsel ini Samsung mengusung layar yang dilapisi lapisan Super AMOLED. Dengan Super AMOLED, kemampuan layar akan 20 persen lebih cerah, tidak hanya itu saja saat di luar ruangan layar akan mereduksi sebanyak 80 persen.

Kemampuan komputasi Galaxi S didukung prosesor Snapdragon 1 GHz dari Qualcomm yang merupakan prosesor terbaik untuk smartphone saat ini. Sementara fitur lainnya yang juga tak kalah menawan adalah kamera 5 megapiksel, GPS, bluetooth 3.0, wifi, Android dengan layar Super Amoled 4 inci dan prosesor aplikasi 1GHZ yang menampilkan video HD.

"Respon pasar Eropa untuk Galaxy S akan sangat baik, dan Samsung dapat lebih optimistis menatap tahun 2010," tambah Lee. Keyakinan Samsung di segmen smartphone, tampaknya juga didukung oleh keberhasilan varian sebelumnya yakni Jet yang cukup sukses di pasaran.

Pertarungan di pasar ponsel global, juga diperkirakan akan semakin sengit. ISuppli Corp memprediksi penjualan ponsel akan meningkat sekitar 36% menjadi 247 juta unit pada tahun 2010.

No comments: