Thursday, June 24, 2010

iPhone 4 Vs Nexus One


Pertarungan antar dua penguasa digital wave Google dan Apple terus berlanjut. Setelah bertahun-tahun menguasai jagat smartphone, lewat iPhone, Apple kini tak hanya berperang dengan RIM (Blackberry) atau Nokia, namun juga dengan Google.

Namun sejauh ini Apple masih berada diatas angin. Berbagai laporan menyebutkan, iPhone 4 besuat Apple adalah gadget yang paling ditunggu. Para analis pasar bahkan memperkirakan Apple terancam kekurangan stok iPhone 4 menyusul suksesnya penjualan smartphone terbaru tersebut yang dimulai Kamis (24/6/2010) di berbagai negara. Jumlah permintaan iPhone 4 diprediksi sangat tinggi, namun kapasitas produksinya diprediksi mungkin tak sanggup memenuhinya.

Hal tersebut antara lain disebabkan kurangnya pasokan komponen utama terutama LCD. Menurut laporan comScore yang dirilis hari ini, pasokan LCD untuk produksi iPhone 4 bakal harus bersaing dengan permintaan untuk produksi Motorola Droid X yang datang hampir bersamaan di pasar saat ini. Motorola hari ini mengumumkan bahwa smarphone terbarunya yang berbasis platform buatan Google, Android 2.1, akan hadir mulai 15 Juli di AS.

"Droid datang bersamaan dan dengan permintaan yang begitu besar terhadap iPhone 4 membuat persaingan Apple dan Google semakin seru saja," demikian pernyataan firma riset analis comScore. Apple minggu lalu mengklaim mendapat pesanan 600.000 unit iPhone 4 belum termasuk yang membeli langsung saat penjualan perdana hari ini.

Di Jepang, stok iPhone 4 habis terjual pada siang hari sejak antrean dibuka tadi pagi buat para pelanggan yang tidak sempat memesan. Di London bahkan pemesanan tidak dilakukan dan O2 sebagai salah satu operator hanya melayani pembelian langsung karena takut kekurangan stok saat penjualan perdana. Hari ini iPhone 4 dijual serentak di Jepang, inggris, Perancis, Jerman, dan AS. Pada Juli nanti rencananya iPhone 4 akan dijual di 18 negara dan 88 negara mulai September.

Tak mau kalah, Google mengumumkan lebih dari 160.000 ponsel yang didukung sistem operasi Android terjual setiap hari.

CEO Google Eric Schmidt berbicara dengan jaringan televisi CNBC saat peresmian telepon Android baru dari Motorola Droid X. "Semua orang terpaku pada perangkat mobile setiap saat, setiap hari, kecuali mereka sedang tidur. Semuanya pindah ke mobile dan kami berpartisipasi di dalamnya. Kami memiliki lebih dari 160.000 pengiriman secara global setiap hari. Momentum ini begitu fenomenal." kata Schmidt

Baru sebulan yang lalu, pada pertemuan tahunan pemegang saham Google, Schmidt mengatakan sedikitnya 65.000 ponsel yang diperkuat Android dikirim setiap hari.

Google membuat software Android yang tersedia untuk produsen handset dan juga menjual smartphone sendiri, Nexus One.

Angka-angka penjualan spektakuler yang dikutip oleh Schmidt bisa jadi handset Android akan jauh melebihi Apple yang mencatat penjualan sebesar 8.750.000 iPhone kuartal terakhir.

Menurut perusahaan penelitian industri NPD, penjualan smartphone yang menjalankan Android di AS benar-benar melonjak pada kuartal pertama tahun ini.

Smartphone Android-powered porsi 28 persen dari penjualan konsumen AS dibandingkan dengan 21 persen untuk iPhone, NPD kata.

Pembuat BlackBerry yang popular Research in Motion Kanada mempertahankan posisi teratas dengan 36 persen penjualan smartphone AS untuk kuartal pertama.

Apple telah menjual lebih dari 50 juta iPhone sejak meluncurkan smartphone layar sentuh pada 2007.

No comments: