Monday, March 1, 2010

Proyek Perkantoran Premium Semakin Memikat


Pesimisme sebagian kalangan terhadap pemulihan ekonomi Indonesia paska krisis keuangan global nampaknya tak mempengaruhi semangat para pengembang untuk terus berekspansi khususnya menggarap pasar perkantoran. Yang menarik, meski mengembangkan proyek perkantoran segmen premium atau grade A. Para pengembang tak ragu membidik pasar strata title dan bukan lagi sekedar mencari penyewa.

Agung Podomoro misalnya. Lewat anak usahanya PT Arah Sejahtera Abadi (ASA), pengembang super blok Kuningan City ini tengah bersemangat memasarkan office strata grade A seluas 60.850 m2 di kawasan tersebut. Meski krisis belum lama berselang, namun PT ASA yakin perkantoran setinggi 34 lantai bernama THE OVAL itu akan laris manis.

"Kami yakin, untuk kepentingan investasi jangka panjang strata title office akan lebih diminati ketimbang sewa," ujar Zaldy Wihardja Senior Marketing Manager PT ASA (1/3).

Itu sebabnya, pihaknya tak ragu memasarkan proyeknya dengan sistem penjualan bukan sewa. Zaldy menambahkan prosepek penjualan perkantoran grade A juga kian membesar dengan adanya kebutuhan untuk mencari kantor baru bagi perusahaan-perusahaan yang telah mapan.

Berdasarkan perhitungan Agung Podomoro, dengan membeli properti perkantoran, konsumen memiliki keleluasaan dalam berinvestasi. Jika akan disewakan kembali ratenya pun cukup tinggi dan payback periodnya sekitar 7 hingga 8 tahun saja.

No comments: