Tuesday, March 2, 2010

Freed Makin Eksis di Pasar Asean


PT Honda Prospect Motor (HPM) siap mengekspor Honda Freed ke Malaysia mulai bulan depan sekaligus memperluas pasar ekspor MPV 7 penumpang ini ke negara-negara Asia Tenggara setelah Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand.

"Bulan lalu Honda Malaysia sudah berbicara dengan kami dan melihat proses produksi di pabrik. Mereka sangat puas dengan kualitas produksi di Indonesia," ujar Marketing and After Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandy.

Ia menambahkan bahwa pihaknya belum tahu berapa jumlah Freed yang diminta Honda Malaysia. "Kami belum tahu berapa unit yang diminta oleh mereka. Tapi yang jelas tidak lebih besar dari Thailand yang meminta 1.000 unit, yang jelas kurang dari 500 unit per bulannya," ujarnya.

Akhir tahun lalu, PT HPM telah mengekspor 1.000 unit Freed ke Thailand. HPM juga telah mengekspor 60 unit Honda Freed ke Singapura dan Brunei Darussalam. Honda Freed pertama kali diperkenalkan di Jepang pada Mei 2008, dan meraih Best Value pada Car of The Year 2008-2009. Pada periode itu, Honda Freed juga mencatat angka penjualan tertinggi mobil jenis mini van di Jepang. Indonesia merupakan negara pertama di luar Jepang yang meluncurkan model Honda Freed pada akhir Juni 2009.

Sepanjang 2009, HPM berhasil menjual 8.000 unit Honda Freed, sekaligus menjadi bintang penyelamat HPM ditengah lesunya permintaan akibat tekanan krisis ekonomi global.

No comments: