Friday, December 23, 2011

Motor Injeksi Bakal Jadi Trend di 2012


Tak salah jika otomotif dituding sebagai industri paling bertanggung terhadap pemanasan global. Ini karena polusi kendaraan bermotor membuat bumi terasa makin sesak. Apalagi populasi kendaraan bermotor "tidak ada matinya". Tengok saja Indonesia, penjualan mobil pada 2011, diperkirakan menembus rekor baru, yakni 800 ribu unit. Sementara motor, mencapai lebih dari 6 juta unit.

Tak mau terus-terusan dianggap sebagai biang dari global warming, sejak beberapa dekade terakhir produsen otomotif terkemuka terus berupaya mengembangkan produk-produk ramah lingkungan. Pada akhirnya konsumen mengenal berbagai varian yang identik dengan green technology, seperti hybrid, gas, enthanol atau listrik. Namun itu semua seolah lekat dengan produsen mobil. Bagaimana dengan roda dua?

Harus diakui, jika produsen mobil, relatif lebih maju dalam mengembangkan produk ramah lingkungan, produsen motor cenderung jalan di tempat. Tengok saja varian motor injeksi yang tidak boros bahan bakar, sepanjang 2011 masih amat minim jika dibandingkan yang berbasis karburator. Catatan AISI (Industri Sepeda Motor Indonesia) menyebutkan, dalam kurun Januari-November 2011, total motor injeksi yang menggerojok pasar sekitar 274 ribuan unit. Angka itu setara dengan sekitar 3,62% dari total motor yang menyerbu pasar, yakni sekitar 7,58 juta unit.

Honda menjadi produsen yang paling getol mengguyur pasar dengan produk injeksi. Dalam dua tahun terakhir, ada tujuh produk. Sedangkan Yamaha dan Kawasaki masing-masing satu varian.

Namun, dari segi volume dan prosentase, produk Yamaha Vixion berkontribusi sekitar 71,02% terhadap total motor injeksi. Motor yang digelontorkan ke pasar pada 2007 itu, mencatat volume penjualan sekitar 222 ribuan unit.

Apakah ini menyangkut persepsi konsumen yang menganggap produk seperti itu belum waktunya, bikin ribet, juga perawatan yang lebih telaten dibanding motor jenis karburator. Atau memang karena faktor biaya yang cenderung lebih mahal, sehingga membuat produsen enggan. Entahlah, karena polemik seperti itu seperti mengurai mana dulu, telur atau ayam.

Meski harus diakui, pasar mainstream masih jauh lebih besar, bukan berarti produsen surut langkah dalam mengembangkan motor jenis ini. Malah pada 2012, motor jenis injeksi digadang-gadang populasinya akan semakin banyak.

Lihat saja langkah Yamaha.Produsen berlogo garpu tal ini, kabarnya bakal merilis tiga varian injeksi yakni Mio, Mio Soul, dan Jupiter Z. Demikian juga dengan Honda dan Suzuki. So, kita tunggu saja aksi motor-motor injeksi menggebrak pasar di 2012.

No comments: