Tuesday, February 22, 2011

Mobile Router, Bikin Penetrasi Internet Makin Kencang


Di jaman serba mobile, internet bak ‘raja’ yang kini menguasai seluruh penyebaran informasi. Mengingat sifat internet yang universal, cepat dan selalu up to date, saat ini sebagian orang lebih memilih mengakses internet ketimbang membaca koran atau buku untuk memenuhi kebutuhan mereka akan informasi.

Melakukan aktivitas browsing, download, chatting bahkan berkomunikasi via jejaring sosial memang mengasyikkan. Seiring dengan meningkatnya adopsi perangkat ponsel pintar dan popularitas tablet, merupakan beberapa faktor pemicu pertumbuhan penggunaan WiFi. Artinya semakin banyak smartphone dan tablet yang terjual, maka penggunaan WiFi pun semakin bertambah.

Kita sering mendapati jaringan internet WiFi atau hotspot di cafe, gedung-gedung perkantoran, dan sebagainya. Pengadaan koneksi internet untuk publik ini juga mendorong pertumbuhan pengguna internet. Secara global, berdasarkan riset yang telah dilakukan perusahaan penyedia billing mobile, Bango, lebih dari 50% pengguna mobile internet diketahui menggunakan WiFi hingga Q1 2011. Padahal pada Februari 2010 lalu, Bango hanya menemukan sekitar 23% pengakses situs mobile yang menggunakan WiFi.

Ini menunjukkan bahwa dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, lonjakan pengguna mobile internet dengan wifi sebanyak 27%. Sementara itu menurut laporan yang dikumpulkan oleh International Telecommunication Union (ITU), jumlah pengguna internet di seluruh dunia telah berlipat ganda selama 5 tahun terakhir. Angkanya melampaui 2 miliar pengguna di akhir tahun 2010 dari total sekira 7 miliar penduduk yang hidup di bumi ini.

Tren Modem Router
WiFi memang menjadi metode koneksi internet yang paling digemari saat ini. Tak heran bila perangkat sekelas mini router diproduksi agar membantu pengguna tetap konek ke internet baik itu di rumah, di kantor ataupun di perjalanan.

Kendati jaringan WiFi sudah diperkenalkan beberapa tahun lalu, namun tren WiFi mulai booming di 2010. Ini dipicu lantaran kemunculan maraknya peredaran device dengan fitur WiFi, seperti smartphone, BB, iPad dan sebagainya.

Produk yang memiliki fitur WiFi terbukti sukses di mancanegara, meskipun tidak based on 3G. Sehingga mini router wifi bisa menjadi pilihan bagi pengguna untuk akses internet karena bentuknya kecil dan harganya terjangkau.

Begitupula dengan kemunculan tablet komputer selain iPad dari brand besar hingga pabrikan Cina turut meningkatkan demand atau permintaan terhadap mini router. Sebab ada beberapa tablet komputer yang didesain tanpa port USB, membuat produk tersebut bergantung pada fitur WiFi yang dibenamkannya.

Tren one people multiple device juga terbukti mendorong peningkatan kebutuhan mini router. Dimana satu orang tak hanya memiliki satu ponsel, tapi beberapa device lain seperti smartphone, PC atau tablet. Adanya multiple device inilah yang membuat kebutuhan internet semakin besar untuk tiap device-nya. Alhasil keluarlah solusi satu device yang bisa digunakan untuk koneksi internet secara beramai-ramai.

Keunggulan modem router mobile yang berukuran mini, menggunakan SIM Card dari operator dan baterai, membuat produk ini lebih portable dan praktis ditenteng kemana-mana. Dengan router, pengguna juga bisa mengakses internet secara berkelompok alias sharing dengan 5 pengguna atau perangkat serta bisa digunakan dengan radius hingga 100 meter.

Dengan segala kelebihannya, kini modem router WiFi sudah mulai memasyarakat dengan segmen pasar yang semakin luas. Inilah peluang bagi service provider untuk melakukan penetrasi pasar sebanyak mungkin.

No comments: