Wednesday, June 8, 2011

Agnes Monica : Produk Apa Lagi Setelah Fresh Care?


Sudah sekitar setahun terakhir istri saya jadi pelanggan minyak angin Fresh Care. Waktu pertama kali beli, saya sempat bertanya apa kelebihannya dibandingkan produk sejenis. Ia jawab : bentuknya unik yakni roll on, jadi mudah digenggam. Yang terpenting, baunya khas, mirip minyak aromatheraphy. Harganya pun tidak menguras kantong, Rp 8.500 per botol.

Dari sisi khasiat, minyak ini konon bisa menghilangkan berbagai keluhan seperti meringankan sakit kepala, meredakan perut kembung, masuk angin, mabuk perjalanan, meringankan gejala flu dan lain-lain. Pada akhirnya, mudah ditebak, dari sekedar coba-coba, saya pun jadi keranjingan memakai minyak ini. Bau khas aromatheraphy yang soft dan menyegarkan, jadi sensasi tersendiri saat nempel di hidung.

Nah, belakangan diskusi saya dengan istri tentang Fresh Care, semakin melebar. Apa pasal? Seperti juga Anda ketahui, minyak angin yang sebelumnya populer dengan gaya pemasaran word of mouth (WOM) ini, sudah berani unjuk gigi. Tak tanggung-tanggung, sang produsen menggaet Agnes Monica sebagai brand ambassador. Jadilah, Fresh Care menjadi produk yang kesekian dari banyak produk lain yang sebelumnya sudah memanfaatkan jasa artis yang semakin naik daun ini.

Dalam catatan saya, Agnes setidaknya sudah menjadi menjadi bintang iklan untuk 13 produk. Masing-masing Honda Vario (sepeda motor), Tri Hutchinson (Telekomunikasi), Olay (kosmetik), Putri Cologne (kosmetik), Jas Jus (minuman), Vitazone (minuman energi), Enervon C (supplement), CSL Blueberry (ponsel), Chitatos (snack), Oops (snack), Zink (shampo), Exoticon (contact less), dan LG (elektronik).

Dengan sederet produk yang diiklankan, bisa dibilang gadis multi talenta ini menjadi bintang iklan paling laris saat ini. Prestasi itu pun sejalan dengan kiprah Agnes yang semakin diakui dunia internasional. Terakhir, Agnes yang pernah menjadi juri di Indonesian Idol ini, menyanbet 7 piala di JPopAsia International Music Awards 2010.

Dengan banyaknya prestasi, didukung oleh pendidikan yang mumpuni dan wajah yang cantik, Agnes memang sosok ideal sebagai bintang iklan. Alhasil, ambience yang dihasilkan adalah smart and modern. Meskipun kita ketahui, efektifitas brand ambassador tak selalu identik dengan keberhasilan mendorong popularitas dan penjualan. Bahkan, penggunaan selebritis sebagai ikon produk, bisa jadi kontra produktif, terutama pada saat ia tersandung masalah, baik pribadi atau bisnis.

Ambil contoh Luna Maya. Jika saja tidak tersandung persoalan video porno dengan vokalis Peter Pan, Ariel, bisa jadi nama Luna akan terus berkibar di dunia entertainment. Sebelum kasus tersebut merebak, Luna juga masih terikat kontrak sebagai brand ambassador sejumlah produk papan atas seperti Toshiba, Lux, Vitalong C, dan XL Axiata. Namun, peruntungan Luna berubah 360 derajat, saat kasus tersebut merebak, satu persatu perusahaan yang menyewa Luna memutuskan kontrak yang bernilai milyaran rupiah itu.

Pengalaman di luar negeri, juga serupa. Bintang iklan bisa dipastikan akan hancur kontraknya jika terlibat masalah-masalah moral. Alasannya sederhana, lembaga atau perusahaan tidak mau terkena citra buruk dari perilaku sang bintang. Tiger Woods adalah contoh yang sempurna mengenai hal ini.

Pegolf nomor wahid dunia peranakan Thailand itu, terpaksa harus rela kehilangan ratusan miliar dari penghasilan iklannya, setelah sejumlah perempuan ramai ramai mengaku pernah seranjang dengannya.

Kembali ke Agnes Monica. Tentu perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan jasanya sudah mempertimbangkan banyak hal, termasuk soal potensi buruk di masa depan, jika Agnes tersangkut masalah. Pihak Meski begitu, saya yakin, setelah Fresh Care, masih banyak produk lain yang mengantre untuk memanfaatkan jasa Agnes. Tampaknya, dunia usaha tetap percaya, Agnes bisa menjadi citra diri. Sejauh ini persepsi positif terhadap Agnes semakin bagus, apalagi gadis kelahiran Jakarta ini terus lapar prestasi, yang pada akhirnya diharapkan bisa mengkatrol citra produk yang dibintangi.

2 comments:

Eko Prasetyo Budiawan said...

omg ke http://v6.freepicshare.com/m.php?3w8u0w8-Picture35.JPG

Eko Prasetyo Budiawan said...

omg kb http://v6.freepicshare.com/m.php?8a2v7w3-Picture03.JPG