Wednesday, January 6, 2010

Segmen Sport Jadi Pembuka Persaingan


Dibandingkan bebek atau skutik yang belakangan naik pamor, pangsa pasar motor sport terbilang paling kecil, hanya 10%. Meski demikian, segmen ini tetap menjadi incaran. Bahkan, bagi ATPM tertentu, motor sport merupakan back bone. Ambil contoh Minerva Motor Indonesia (MMI). Vendor yang merupakan spesialis motor sport ini, menargetkan penjualan 2010 sebanyak 66 ribu unit atau naik sekitar 32,5% dibandingkan 2009.

“Target kami pada 2010 sebanyak 66 ribu unit, sedangkan pada 2009 sebanyak 49.800 unit atau naik 48% dibandingkan 2008,” tutur Kristianto Gunadi, presdir MMI. Menurutnya, target penjualan tersebut disesuaikan dengan adanya penjualan sport 150 cc dan penjualan model Minerva Sachs - Megelli 250 cc. “Untuk Jabodetabek, market share sepeda motor sport Minerva sudah mencapai 7,6 %,” tutur Kristianto.

Minerva yang dikenal sebagai salah satu pemain sepeda motor Tiongkok, meski belakangan mayoritas produk mereka didatangkan dari Thailand dan Taiwan. Di luar anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Minerva merupakan salah satu produsen yang bertumbuh cukup signifikan. Vendor ini memang lebih mengkhususkan diri pada pasar motor sport, mengingat segmen mainstream seperti bebek dan skutik sudah dikuasai tiga pemain besar, yakni Honda, Yamaha dan Suzuki.

Sementara itu, sang market leader di segmen sport, yakni PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) bersiap untuk mengambil start lebih dulu di awal tahun. Setelah meluncurkan motor jenis bebek New Jupiter Z di awal Desember lalu, kini di awal 2010, Yamaha akan meluncurkan jenis motor sport berjuluk Byson.

Menurut kabar yang beredar di kalangan para bikers, motor ini akan meluncur paling lambat April 2010 mendatang. Kapan tepatnya motor yang memiliki kapasitas mesin 153 cc itu meluncur di jalanan, YMKI masih tutup mulut. Vice President Director YMKI Dyonisius Beti masih enggan berbagi informasi.

Sebenarnya, Yamaha Byson sudah lebih dulu meluncur di India, yakni pada September 2009 lalu. Di Negeri Shahruk Khan itu, motor ini bernama FZ16 dan FZ-S yang dijual seharga 72.900 rupee atau sekitar Rp 14,7 juta.

Dyonisius memastikan, harga Byson di Indonesia lebih tinggi dari India. Pasalnya, bahan baku yang akan di pakai Byson akan lebih baik dibandingkan Yamaha FZ16 atau FZ-S. Namun Dyonisius juga mengatakan, harga jual Byson bakal lebih rendah dari Yamaha V-Ixion yang saat ini dibanderol Rp 20,5 juta per unit. "Sekarang motornya sedang uji kelayakan jalan. Minimal harus diuji 50.000 kilometer,” katanya.

Seperti halnya skutik, Yamaha juga masih merajai segmen motor sport. Sepanjang Januari-Oktober, Yamaha menjual 176.624 unit motor sport. Angka penjualan itu menguasai 45,7% pasar domestik segmen sport. Honda sebagai rival terdekat Yamaha, diwaktu yang sama mampu menguasai 38,8% pangsa pasar dengan penjualan 150.037 unit.

PS : Keberhasilan Minerva Motor Indonesia (MMI) mecuri pasar di segmen sport terbilang menarik, karena sebagai pendatang baru MMI jeli melihat kebutuhan pengguna di segmen ini yang ingin tetap bergaya dengan motor sport kelas dunia, namun dengan harga terjangkau. Untuk itu diperlukan strategi komunikasi dan branding yang tepat untuk mengejar pemain yang secara tradisional lebih menguasai segmen ini seperti Yamaha, Honda dan Kawasaki.

No comments: